Efek Samping Minyak Ikan Omega-3 Bagi Kesehatan

Efek Samping Minyak Ikan Omega-3 Bagi Kesehatan

326
memuat...

Harianpost.co.id – Banyak sekali orang memilih minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sebab minyak banyak sekali memberikan manfaat bagi kesehatan terutama untuk perkembangan otak dan kekuatan tulang. Enaknya lagi, keberadaan minyak ikan itu saat ini sangat mudah sekali didapatkan dan bisa dikonsumsi secara bebas. Akan tetapi mengkonsumsi minyak ikan tanpa takaran yang jelas sepertinya perlu diperhatikan lagi sebab ternyata minyak ikan bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan seseorang.

Efek Samping Minyak Ikan Omega-3 Bagi Kesehatan
Efek Samping Minyak Ikan Omega-3 Bagi Kesehatan

Meskipun di dalam banyak mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin D serta asam lemak omega-3, akan tetapi tetap saja minyak ikan tidak bagus jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itulah sangat penting sekali untuk tahu seberapa banyak takaran mengkonsumsi minyak ikan dalam sehari untuk dewasa dan juga untuk anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa efek samping minyak ikan yang perlu sekali untuk anda ketahui agar ke depannya anda tidak akan gegabah dalam mengkonsumsi minyak ikan.

Efek samping minyak yang pertama adalah Kanker Pankreas

Sebelumnya tadi sudah sedikit kita singgung bahwa minyak ikan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, omega 3 sendiri memiliki kadar asam yang berpotensi untuk menimbulkan kerusakan pada jaringan pancreas hingga memicu terjadi kanker pancreas.

Efek samping minyak ikan berikutnya adalah terjadinya Pendarahan

Pendarahan yang dimaksudkan adalah pendarahan yang terjadi pada system pembuluh darah akibat dari kadar asam lemak omega 3 yang ada di dalam minyak ikan tersebut. Hal ini bisa terjadi jika seseorang tersebut mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan tidak sesuai dengan takaran yang pas. Parahnya, pendarahan itu bisa terjadi secara mendadak tanpa gejala apa-apa.

Efek samping minyak ikan selanjutnya adalah terjadinya Pelapukan Tulang

Diatas tadi sudah disebutkan bahwa minyak ikan memiliki fungsi untuk menguatkan pembentukan tulang, akan tetapi pemakaian yang berlebihan justru akan menimbulkan proses pelapukan tulang dengan sangat cepat karena penumpukan kalsium pada tulang-tulang yang lunak.

Efek samping minyak ikan selanjutnya adalah Keracunan Vitamin

Sekalipun di dalam minyak ikan itu terkandung banyak vitamin yang tinggi, anda tetap harus bisa lebih jeli lagi dalam memilih dan menakarnya. Tidak semua jenis minyak ikan itu memiliki kadar yang sama, sebagian justru memiliki senyawa beracun yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi minyak ikan terlalu banyak justru akan menyebabkan vitamin-vitamin yang masuk ke tubuh tersebut berubah menjadi jahat yang bisa menibulkan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Efek samping minyak ikan berikutnya adalah melemahnya system Imunitas

Sistem imunitas atau yangsering kita sebut sebagai system kekebalan tubuh menjadi salah satu system metabolism yang memiliki peran penting dalam pengendalian beberapa jenus infeksi yang muncul. Sedangkan system kekebalan tubuh itu akan semakin melemah jika sudah mendeteksi kadar asam lemak omega 3. Nah, jika sudah begitu, melemahkan system kekebalan tubuh seseorang akan dimanfaatkan oleh berbagai macam virus untuk menibulkan penyakit di dalam tubuh seseorang.

Efek samping minyak ikan selanjutnya adalah Alergi

Bagi seseorang yang mempunyai riwayat alergi terhadap segala jenis makanan laut, saran kami jauhilah minyak ikan sebab hal itu akan menimbulkan alergi yang lebih parah lagi dengan mengkonsumsi miyak ikan. Hal ini juga ditujukan bagi mereka yang mengidap virus HIV atau AIDS yang sangat disarankan untuk tidak pernah mengkonsumsi minyak ikan setetespun. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...