Makanan Penambah Trombosit Darah Yang Paling Baik

Makanan Penambah Trombosit Darah Yang Paling Baik

339
memuat...

Harianpost.co.id – Trombosit adalah salah satu komponen yang ada di dalam darah yang memiliki peranan yang sangat penting sekali bagi tubuh seseorang. Kadar trombosit dalam kondisi normal sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup manusia karena sangat erat sekali kaitannya dengan proses penyembuhan luka atau sejenisnya. Alasan bahwa Trombosit memiliki peran  yang sangat penting dan viral adalah karena Trombosit mampu membantu pembentukan benang fibrin yang mana bisa mencegah terjadinya pendarahan ketika terdapat luka pada permukaan kulit.

Makanan Penambah Trombosit Darah
Makanan Penambah Trombosit Darah

Jadi, jika tingkat Trombosit sangat rendah dalam tubuh seseorang maka akan mudah menimbulkan masalah bagi kesehatan yang tentu akan memiliki pengaruh besar terhadap system metabolism tubuh manusia. Karena itulah peran Trombosit dikatakan sangat penting sekali untuk tetap dijaga agar tetap dalam kondisi normal.

Ketika Trombosit dalam darah itu menurun biasanya akan menyebabkan tubuh seseorang berubah menjadi sangat lemah sekali, kondisi tersebut biasa disebut dengan Trombositopenia. Trombosit yang melemah akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih sulit melakukan koordinasi serta menjadi system imunitas menjadi tidak seimbang khususnya ketika tubuh mengalami luka atau sakit. Dengan adanya Trombosit maka proses penyembuhan luka  bisa dilakukan oleh tubuh dengan sangat cepat dan bisa mencegah terjadinya pendarahan hebat.

Sementara itu faktor-faktor penyebab Trombosit menurun ada beberapa macam, bisa dari virus deman berdarah yang sudah seringkali terjadi, karena kelainan genetic, bisa karena kehamilan, atau mungkin karena efek samping dari obat tertentu, dan lain-lain. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menaikkan atau menambah Trombosit darah dalam tubuh seseorang.

Trombosit yang menurun tentu saja bisa diatasi dengan meningkatkan kembali jumlah Trombosit di dalam tubuh meskipun pada dasarnya Trombosit tersebut bisa kembali normal dengan sendirinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dari itu perlu sebuah usaha untuk mempercepat agar Trombosit bisa kembali normal seperti semula. Cara menigkatkan Trombosit darah bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa membantu meningkatkan kadar Trombosit, cara inilah yang sering dilakukan seseorang ketika mendapati orang-orang di sekelilingnya yang mengalami penurunan Trombosit meskipun sudah mendapatkan perawatan dari dokter.

Nah berikut ini adalah beberapa makanan penambah Trombosit darah yang paling baik atau yang paling cepat memberikan pengaruh pada perubahan Trombosit dalam darah.

  1. Buah Naga
  2. Kurma
  3. Bayam Merah
  4. Brokoli
  5. Gandum
  6. Jambu Merah
  7. Sayuran Hijau
  8. Angkak
  9. Almond
  10. Kiwi
  11. Ikan Salmon
  12. Asam Jawa
  13. Tuna
  14. Yoghurt
  15. Daging Sapi

Makanan-makanan diatas merupakan makanan yang dapat membantu meningkatkan Trombosit dalam darah dengan cepat dan hingga sekarang masih banyak orang mengkonsumsinya. Kita biasanya pasti pernah mengetahui pasien yang menderita deman berdarah lantas ada di sekitarnya terdapat salah satu makanan diatas. Memang walaupun Trombosit itu pada dasarnya bisa kembali normal dengan sendirinya akan tetapi jika kadar Trombosit itu ternyata mengalami penurunan yang begitu signifikan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itulah mengapa banyak kasus kematian yang disebabkan karena penyakit demam berdarah. Jadi, kita perlu berhati-hati ketika Trombosit menurun, jangan pernah disepelekan dan cepat cari solusinya dengan mencari makanan penambah Trombosit yang telah disebutkan diatas tadi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...