Cara Mengatasi dan Memperbaiki Hp/Gadget Yang Tercebur Air

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Hp/Gadget Yang Tercebur Air

466
memuat...

Harianpost.co.id – Kita tentu sudah seringkali mendengar kasus hp atau gadget yang rusak karena tercebur ke dalam air, jika tidak begitu mungkin bisa saja karena kehujanan bahkan tak jarang pula kasus hp tercebur kedalam WC sebab ketika buang air besar mereka sambil bermain gadget atau hp. Jika kalian pernah atau mungkin sekarang ini sedang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir lagi sebab kali ini tim harianpost akan memberikan tips mengatasi dan memperbaiki hp tercebur kedalam air, atau paling tidak kalian bisa menyalakannya kembali untuk mengambil data-data penting atau foto penting yang ada di dalam hp tersebut.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Hp Yang Tercebur Air
Cara Mengatasi dan Memperbaiki Hp Yang Tercebur Air

Terlebih lagi jika data yang ada di dalam hp itu adalah data-data penting tentang pekerjaan, pasti kalian akan sangat membutuhkannya iya kan? Jadi sekarang kalian jangan terlalu panik dan jangan terlalu galau sebab kalian datang kesini disaat yang tepat dan kami akan memberikan tip mengatasi dan memperbaiki hp yang tercebur ke dalam air.

Wajar saja jika kalian merasakan panik, rasa panic itu biasanya mendorong kita untuk bru-buru menekan tombol power sambil berharap hp tersebut tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti mati, padahal itu sangat tidak disarankan. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang benar yang harus kalian lakukan untuk mengatasi hp tercebut ke dalam air.

  1. Sigap dan jangan panic

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika hp tercebut kedalam air adalah bersikap sigap dan cepat tapi jangan panic. Langsung segera ambil hp yang tercebur air itu, lebih cepat lebih bagus.

  1. Jangan langsung menyalakan Hp/Gadget

Ingat, jangan pernah sekali-sekali langsung menyalakan hp yang tercebur air itu, sebab hal itu justru akan menambah kerusakan yang semakin parah. Kerusakan yang semakin parah itu bisa disebabkan karena terjadinya konsleting antara komponen satu dengan lainnya. Kalian tentu masih ingat bagaimana sifat air jika bertemu dengan energy listrik entah itu besar atau kecil.

  1. Bokar hp/gadget kalian

Setelah kalian mengambil hp yang tercebur air itu dan tidak langsung menyalakannya, langkah yang harus kalian lakukan adalah membongkar semuanya. Gunakan kipas angin untuk menghilangkan air yang ada di dalamnya tapi ingat ketika kalian membongkar hp atau gadget itu jangan terkena sinar matahari secara langsung. Jika kalian tidak membongkarnya, datanglah ke counter hp dan minta mereka membongkarnya.

  1. Bersihkan kabel konektor LCD hp/gadget

Jika kalian bertanya mengapa kita harus membersihkan kabel konektor LCD hp, jawabannya adalah karena disitulah bagian yang paling rentan mengalami kerusakan ketika terkena air. Hp yang tercebur air atau terkena air biasanya bagian LCD itu akan mati total tapi hp menyala, itulah kasus yang paling banyak terjadi. Tapi usahakan jangan terlalu fokus pada LCD saja, perhatikan setiap komponen apakah masih ada airnya atau tidak.

  1. Pasang kembali

Jika kalian sudah membersihkan kabel konektor LCD dan sudah dipastikan semua komponen ho atau gadget itu kering, berikutnya adalah pasang kembali seperti semula tapi tunggulah beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali. Dengan begitu hp akan hidup kembali, akan tetapi dari banyaknya kasus yang terjadi biasanya walaupun hp tersebut bisa hidup, terkadang di bagian layarnya atau LCD terdapat kekurangan atau cacat terutama jika hp kalian adalah touchscreen.

Dengan begitu setelah hp itu bisa nyala kembali, kalian bisa mengambil data-data yang penting. Nah itulah cara mengatasi dan memperbaiki HP yang tercebur air yang bisa kalian lakukan. Ada juga cara lainnya untuk mengatasi hp tercebur air, yaitu dengan menaruh hp tersebut di dalam beras, katanya dengan cara itu hp akan kembali normal, soal benar atau tidaknya mungkin bisa kalian coba sendiri untuk membuktikannya. Sekian dulu informasi tentang cara mengatasi dan memperbaiki hp tercebur air yang bisa kami berikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...