Wisata Gua Waikelo Sawah, Surga Tersembunyi di Sumba

Wisata Gua Waikelo Sawah, Surga Tersembunyi di Sumba

623
memuat...

Harianpost.co.id – Nama Sumba di mata banyak orang memang masih kalah dari tetangga sebelahnya yaitu Flores. Sebab sumba memang seringkali dikenal dengan daerah yang tandus dan gersang, dikenal dengan imej seperti itu karena di sumba ini bisa mengalami musim kemarau hingga tiga kali lipat lebih lamadari musim hujan. Namun demikian, sumba ternyata masih punya tempat wisata yang sangat sejuk sekali dan bahkan tak pernah mengalami kekeringan serta memiliki pemandangan yang sangat indah sekali. Dimanakah itu?

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah

Namanya adalah Waikelo Sawah yang sering digunakan oleh masyarakat sumba sebagai pengairan. Mendengar dari fungsinya saja tentu kita akan langgung beranggapan bahwa sebenarnya tempat ini bukanlah tempat wisata. Ya, memang benar Waikelo Sawah sebenarnya bukanlah tempat wisata, tempat ini sudah dibangun sejak tahun 1976 yang bertujuan untuk irigasi warga plus untuk pembangkit tenaga listrik desa sekitarnya.

Lokasi Waikelo Sawah ini terletak di desa tema tana, kecamatan wewena timur kabupaten sumba barat daya NTT. Akan tetapi seiring berjalannya waktu Waikelo Sawah justru menjadi tempat wisata karena memiliki keindahan yang tercipta secara alami dari waktu ke waktu.

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah

Waikelo Sawah memiliki sebuah bendungan dengan alliran air yang sangat deras sekali, dari situlah kemungkinan bendungan ini digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Saking derasnya, bahkan debit airnya mencapai 1000 liter per detik. Akan tetapi ketika kita berada di dalam gua, airnya sangat tenang sekali, meskipun begitu terdapat larangan untuk berenang di dalam gua tersebut. Sayangnya banyak pengunjung yang selalu melanggar peraturan tersebut karena pasti tergiur dengan kejernihan air di dalamnya dan juga keindahannya.

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah

Jika kalian ingin berkunjug ke Waikelo Sawah, maka ada waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Waikelo Sawah memiliki pemandangan sekitar yang begitu asri dan hijau, sebab letak Waikelo Sawah ini memang bertepatan berada di daerah yang berhawa dingin yang penuh dengan pepohonan. Jadi, waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Waikelo Sawah adalah ketika bulan Februari, Maret dan bulan November. Sebab di bulan-bulan tersebut warga lokal akan mengadakan berbagai upacara adat yang mana upacara tersebut merupakan tradisi rutin yang bernama pasola.

Ada Akomodasi Unik di Sekitarnya

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah

Memang tidak ada fasilitas yang mendukung di sekitar Waikelo Sawah, seperti tempat makan atau tempat untuk istirahat. Karena itulah jika kalian ingin berkunjung ke Waikelo Sawah maka wajib membawa bekal sendiri sebab akomodasi terdekat ada di desa tambaloka yang bernama sumba hospitally foundation. Tempat itu adalah yayasan untuk menampung generasi muda sumba dengan berbagai pendidikan ketrampilan. Di tempat itu ada 5 kamar yang bisa disewa dengan harga sekitar 700 ribu permalamnya. Bagaimana sobat? Apa kalian tertarik dengan keindahan gua di dalam Waikelo Sawah ini? Pokoknya kalian gak akan rugi dan dijamin puas. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...