Daftar Makanan Bebas Gluten untuk Diet

Daftar Makanan Bebas Gluten untuk Diet

231
memuat...

Harianpost.co.id – Gluten merupakan salah satu dari jenis protein yang bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti gandum. Gluten sebenarnya juga masih diragukan sekali manfaatnya sebab onstribusinya bagi system pencernaan manusia masih sangat kecil sekali. Bahkan gluten ini kebanyakan justru dihindari bagi seseorang yang menderita penyakit celiac. Jadi intinya, makanan yang mengandung gluten ini biasanya dikonsumsi bagi mereka yang tidak memiliki alergi terhadap jenis protein tersebut.

Makanan Bebas Gluten
Makanan Bebas Gluten

Ada banyak sekali efek samping yang muncul ketika seseorang terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengadung gluten secara berlebihan dan seseorang tersebut tidak sadar bahwa dirinya memiliki alergi terhadap gluten. Ada beberapa makanan yang mengandung gluten, contohnya seperti gandum, roti, pasta dan juga sereal. Maka makanan-makanan tersebut sudah tentu wajib dihindari bagi mereka yang alergi gluten sebab jika terus dipaksa untuk mengkonsumsinya maka akan menimbulkan efek samping yang sangat buruk sekali bagi kesehatan.

Nah berikut ini adalah beberapa makanan bebas gluten yang sangat bagus untuk program diet:

Bayam

Di dalam bayam mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi sekali dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Baik bayam hijau atau bayam merah sangat dianjurkan sekali untuk diikonsumsi oleh mereka yang menderita hipersensitif gluten serta mereka yang menderita penyakit jantung kronis.

Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran bebas gluten dan rasanya sangat nikmat sekali. Di dalam brokoli ini mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi sekali dan tidak mengandung protein gluten.

Kiwi

Jika anda berfikir bahwa buah kiwi itu adalah buah yang mahal seperti wajar, sebab hal itu sebanding dengan manfaat yang didapatkan dari buah kiwi, banyak sekali. Mereka yang menderita penyakit-penyakit serius seperti kanker, stroke, atau hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang memiliki rasa masam bercampur dengan manis tersebut. Di tambah lagi bahwa buah kiwi juga merupakan buah bebas gluten yang aman dikonsumsi oleh mereka yang alergi dengan pretein gluten.

Salad Buah

Salad buah ini mengandung sedikit sekali gula dan sudah jelas sangat aman sekali untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita celiac dan mereka yang alergi dengan protein gluten. Akan tetapi, jika anda ingin membuat salad buah, dianjurkan untuk tidak mencampurkan pasta mayonnaise atau bahan sejenisnya.

Almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, akan tetapi jenis protein yang terkandung di dalam kacang almond ini bukanlah protein jenis gluten jadi sangat dianjurkan sekali untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita hipersensitif gluten.

Makanan Dengan Label Gluten Free

Segala jenis makanan yang di luarnya terdapat label gluten free sudah tentu bebas gluten, dan makanan-makanan tersebut juga sudah beredar luas di pasaran. Biasanya ada beberapa jenis makanan yang disertai label seperti itu adalah sereal, oatmeal, roti gandum, tepung gandum atau mungkin pasta yang formulasinya tidak menggunakan bahan campuran gluten.

Kacang-Kacangan

Selain kacang almond, ada juga beberapa jenis kacang-kacangan yang ternyata bebas gluten, kacang-kacangan tersebut seperti mete, kenari, dan kacang dari jenis sayuran. Kacang-kacangan jenis ini mengandung protein dan mineral yang sangat tinggi sekali dan aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang alergi gluten.

Jagung

Jika anda ingin mencari pengganti protein gluten, maka jawaban yang tepat adalah dengan mengkonsumsi jagung. Di dalam jagung ini terdapat kandungan gula bahkan jagung dikatakan sebagai sumber gula tertinggi, oleh karena itu jagung sering dipakai untuk pengganti nasi agar tubuh tetap bugar.

Daging

Kabar baik bagi mereka yang menderita penyakit celiac dan juga mereka yang alergi dengan gluten, sebab mereka masih bisa mengkonsumsi beberapa jenis daging untuk menggantikan protein gluten. Daging-daging tersebut diantaranya adalah daging sapi, daging kambing serta daging ayam.

Ketika anda ingin melakukan diet, anda bebas untuk mengkonsumsi ketiga jenis daging tersebut sebab daging merupakan sumber protein yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh seseorang. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...