5 Obat Sakit Mata Belekan yang Paling Ampuh

5 Obat Sakit Mata Belekan yang Paling Ampuh

1080
memuat...

Harianpost.co.id – Mata merupakan salah satu panca indera dengan peranan yang sangat penting sekali, peranan mata begitu besar untuk memnuhi kebutuhan tubuh manusia yaitu sebagai organ penglihatan. Oleh karena itulah sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan yang mendukung kesehatan mata.

Obat Sakit Mata Belekan
Obat Sakit Mata Belekan

Kita perlu ingat baik-baik bahwa kesehatan mata itu sangat tergantung pada vitamin-vitamin yang terkandung pada makanan sehari-hari. Kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayuran akan sangat berguna bagi masa depan mata kita dan untuk jangka panjangnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mata, dan faktor-faktor itu bisa saja datang secara tiba-tiba, sebut saja polusi udara, debu atau mungkin hormone yang tidak seimbang yang bisa mempengaruhi fungsi penglihatan.

Mata yang tidak sehat tentu akan menyebabkan ketidak nyamanan dalam beraktifitas, terlebih setiap aktifitas selalu membutuhkan peran penting dari penglihatan seseorang. Bagi seseorang yang mempunyai aktifitas penuh diluar rumah atau di lapangan, kesehatan matanya akan sangat rentan sekali dengan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit mata ringan hingga penyakit mata yang serius. Namun kali ini kita akan membahas tentang jenis penyakit mata ringan yang bisa kita cegah dan bisa kita obati tanpa bantuan medis.

Salah satu penyakit mata ringan yang seringkali terjadi dan sering kita jumpai adalah belekan. Hampir semua orang termasuk anda pasti sudah pernah mendengar tentang penyakit mata belekan ini, bagi anda yang belum tahu tentang penyakit mata belekan, pada kesempatan kali ini tim harianpost akan mencoba sedikit menjelaskan tentang apa itu penyakit mata belekan. Belekan adalah sejenis gangguan mata yang bisa disebabkan oleh infeksi, debu, atau luka.

Berikut ini adalah beberapa gejala mata belekan yang wajib anda ketahui:

  • Mata lelah dan mudah berair.
  • Terasa gatal pada mata, kondisi ini tidak diperkenankan bagi anda untuk menggaruk mata.
  • Mata terlihat merah dan panas atau perih.
  • Gejala berlanjut pada mata yang seringkali mengeluarkan kotoran dalamwaktu yang singkat.
  • Lendir kotoran mata berwarna hijau atau keabuan.
  • Lendir kental.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, maka anda harus segera mengambil tindakan secepat mungkin sebelum mata belekan itu semakin parah. Sebab tidak menutup kemungkinan jika mata belekan itu dibiarkan begitu saja akan berujung pada gangguan penyakit mata serius seperti katarak.

Nah, berikut ini adalah beberapa obat alami sakit mata belekan yang paling ampuh yang bisa anda coba sebelum sakit mata belekan yang anda alami semakin parah.

Obat alami sakit mata belekan pertama adalah Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat untuk berbagai macam masalah kesehatan, entah itu ringan hingga serius. Sakit mata belekan yang disebabkan karena iritasi sebagai akibat dari serangan bakteri yang tertumpuk di dalam mata bisa diusir dengan cepat menggunakan bawang putih.

Obat alami sakit mata belekan kedua adalah Madu

Seperti halnya bawang putih, madu yang dihasilkan dari binatang lebah ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan anda, salah satunya adalah sakit mata belekan. Caranya cukup mudah sekali, oleskan madu tersebut ke area sekitar kelopak mata, biarkan hingga beberapa saat sampai kering lalu bilas dengan air steril hingga bersih. Sakit mata belekan akan sembuh dalam waktu yang relative singkat.

Obat alami sakit mata belekan ketiga adalah Daun Sirih

Daun sirih juga terkenal sebagai obat alami sakit mata yang paling ampuh dan sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Di dalam daun sirih terdapat kandungan yang mampu membersihkan bakteri dan kotoran-kotoran yang sering keluar dari ujung mata. Kandungan tersebut adalah zat anti kuman. Daun sirih juga sangat ampuh untuk meredakan mata lelah serta mengobati mata merah karena infeksi.

Obat alami sakit mata belekan keempat adalah Air Hangat

Apakah anda sempat berfikir bahwa sakit mata belekan bisa diredakan dengan air hangat? Jarang sekali orang yang tahu tentang ini. Selain bisa mengontrol sirkulasi darah dan melenturkan lemak alami, air hangat ternyata juga sangat ampuh sekali untuk mengobati rasa nyeri pada mata belekan.

Obat alami sakit mata belekan kelima adalah Patikan Kebo

Di jaman sekarang mungkin sudah sangat sulit sekali mencari daun patikan kebo, daun ini sering digunakan untuk obat alami para leluhur kita di jaman dulu. Fungsi dari daun patikan kebo ini bisa menyembuhkan berbagai macam luka dan penyakit, selain itu daun patikan kebo juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit mata belekan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan tiga tangkai daun patikan kebo
  • Ambil getahnya kemudian oleskan getah tersebut sekitar area mata yang sakit
  • Diamkan beberapa saat sambil mata tetap terbuka
  • Cuci dengan air dingin hingga bersih

Itulah kelima obat alami sakit mata belekan yang paling ampuh. Jadi bagi anda yang sekarang ini mengalami sakit mata belekan bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan tradisional sakit mata belekan tersebut . (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...