Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya

Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya

502
memuat...

Harianpost.co.id – Buang air besar berlendir atau berdarah merupakan sebuah pengalaman yang tentu saja sangat tidak menyenangkan bagi setiap orang. Perlu kita tahu bahwa ketika seseorang mengalami kondisi seperti itu berarti kesehatannya juga perlu dipertanyakan dan tentu saja buang air besar berlendir atau berdarah sama sekali tidak boleh diremehkan sebab pasti ada yang tidak beres dengan system pencernaan orang tersebut.

Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya
Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya

Buang air besar berlendir atau berdarah bisa saja dialami oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan orang dewasa lebih berpotensi mengalami gangguan kesehatan semacam itu. BAB berlendir atau berdarah sudah seharusnya mendapatkan pengobatan dengan segera, hanya saja kita akan lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa penyebab BAB berlendir atau berdarah sebelum mengobatinya agar nantinya kita bisa melakukan pengobatan dengan baik dan benar, tidak asal mengobati saja.

Penyebab BAB berlendir atau berdarah bisa terjadi karena beberapa gangguan kesehatan seperti di bawah ini:

Disentri

Buang air besar berlendir atau berdarah bisa terjadi karena terjadi infeksi disentri, infeksi disentri adalah infeksi yang terjadi pada area sekitar usus yang mana hal itu menjadi penyebab diare. Jika seseorang sudah terserang diare, maka bisa dipastikan buang air besarnya pun akan sangat encer sekali dan disertai dengan lendir. Dalam kondisi seperti ini biasanya seseorang akan sering sekali bolak-balik ke kamar mandi sebab mereka akan sering merasa mulas.

Penyakit Crohn

Penyakit Crohn ini juga bisa menjadi penyebab BAB berlendir atau berdarah. Penyakit Crohn merupakan gangguan kesehatan pada usus yang mana usus tersebut sedang mengalami peradangan. Peradangan tersebut tidak hanya terjadi pada satu lapisan usus saja melainkan seluruh lapisan dinding pada system pencernaan. Penyakit ini selain ditandai dengan buang air besar berlendir atau berdarah juga ditandai dengan gejala lainnya seperti tubuh terasa sangat lemah sekali dan perut akan terasa sangat sakit sekali.

Kolitis Ulseratif

Kolitis Ulseratif juga bisa menjadi penyebab bang air berlendir atau berdarah. Kolitis Ulseratif merupakan kondisi dimana sedang terjadi inflamasi pada area usus besar serta rectum. Anda perlu hati-hati dengan penyakit Kolitis Ulseratif ini sebab penyakit ini tergolong penyakit yang serius atau kronis.

Fistula Ani

Fistula Ani ini merupakan fistula yang menghubungkan kanalis anal dengan kulit yang terdapat di daerah anus atau organ-organ tubuh lainnya seperti contohyna vagina. Ada beberapa lubang fistula yang muncul pada permukaan kulit yang mana lubang tersebut biasanya terdapat nanah atau semacam kotoran lainnya bahkan lendir. Dan ketika seseorang buang air besar maka biasanya kotoran, nanah dan lendir tersebut ikut keluar bersamaan ketika seseorang buang air besar.

Fissura Ani

Ada juga Fissura Ani yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadi feses yang keluar bersamaan dengan lendir. Fissure ani  adalah kondisi dimana jaringan tipis lembab yang menjadi pelapis anus mengalami luka atau sobekan kecil, jadi ketika anda merasa nyeri atau perih ketika buang air besar, itulah yang dinamakan fissure ani.

Obstruksi Usus

Ada juga kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab buang air besar berlendir atau berdarah, yaitu Obstruksi Usus atau terjadinya penyumbatan pada area usus. Jika sudah terjadi Obstruksi Usus, maka sirkulasi makanan atau cairan akhirnya juga akan mengalami gangguan penyumbatan pada saluran cerna, hal itulah yang menyebabkan terjadinya Obstruksi Usus.

Dan jika kondisi Obstruksi Usus tidak segera mendapatkan penanganan maka secara otomatis akan terjadi penumpukan makanan bercampur dengan cairan yang juga bercampur dengan gas, asam lambung di area tersebut yang pada akhirnya sangat berpotensi terjadinya usus bocor sedangkan BAB berlendir atau berdarah merupakan salah satu gejala usus bocor. Jadi ketika anda mengalami gangguan BAB berlendir atau berdarah, bisa jadi anda mengalami gejala usus bocor. Maka dari itulah cepat-cepatlah untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda ketika anda mengalami BAB berlendir atau berdarah.

Kanker Usus

Diatas tadi sudah sedikit kami berikan petunjuk bahwa jika anda mengalami gangguan BAB berlendir atau berdarah itu bisa jadi kondisi kesehatan anda sedang mengalami gangguan dan bahkan menjadi salah satu gejala penyakit kronis. Seperti contohnya kanker usus besar yang mana buang air besar berlendir atau berdarah adalah salah satu gejala utamanya. Meskipun kanker usus besar ini bisa menyerang segala usia, akan tetapi 90 persen penderita kanker usus besar ini kebanyakan adalah orang lanjut usia dengan rata-rata usia sekitar 60 tahun keatas. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...