Daftar Artis K-pop Yang Merilis Album Dalam Bentuk USB

Daftar Artis K-pop Yang Merilis Album Dalam Bentuk USB

192
memuat...

Harianpost.co.id – G-Dragon memang baru saja merilis album solo terbaru dalam bentuk USB atau flashdisk. Banyak kalangan yang mengira bahwa apa yang dilakukan oleh G-Dragon itu merupakan yang pertama kalinya ada di Korea, dan banyak pihak yang menganggap G-Dragon menjadi trendsetter penjualan album dalam bentuk USB.

G-Dragon
G-Dragon, GOT7, Kim Jang Hoon – via kpopchart.net

Perlu kita ketahui bahwa itu tidaklah benar, sebab jauh sebelum G-Dragon sudah ada tiga artis k-pop yang sudah lebih dulu melakukan hal yang sama, merilis album mereka dalam bentuk USB. Penyanyi Korea pertama yang merilis album dalam bentuk USB tak lain adalah penyanyi rock ballad lawas bernama Kim Jang Hoon.

Kim Jang Hoon merilis album ke 10 yang bertajuk Adieu dalam bentuk USB ketika tahun 2012 silam. Lalu ketika tahun 2014 GOT7 ternyata juga pernah merilis album dalam bentuk USB, ketika itu GOT7 merilis album pertama spesial edition. Bahkan USB yang dirilis oleh GOT7 dikemas dalam bentuk yang unik sekali sesuai karakter masing-masing anggotanya.

Selain kedua idol k-pop tersebut, ada lagi nama artis k-pop yang pada tahun 2017 ini juga baru saja merilis album dalam bentuk USB, dia adalah Lee Seung Gi yang merilis album antalogi spesialnya. Dan sepertinya akan terus ada artis-artis k-pop lainnya yang tidak menutup kemungkinan juga akan merilis album fisik mereka dalam bentuk USB flasdisk seperti apa yang sudah dilakukan oleh keempat artis papan atas korea tersebut.

Jadi intinya, tentang merilis album fisik dalam bentuk USB, G-Dragon bukanlah menjadi penemunya. Akan tetapi karena nama G-Dragon mungkin saja sekarang levelnya berada diatas pendahulunya itulah yang membuat banyak orang menganggap ini adalah trendnya G-Dragon. (www.harianpost.co.id)

Save

Komentar

Loading...