Bahaya Perut Buncit Bagi Pria dan Wanita Yang Wajib Diketahui

Bahaya Perut Buncit Bagi Pria dan Wanita Yang Wajib Diketahui

367
memuat...

Harianpost.co.id – Kondisi perut buncit sudah jelas sangat mengganggu penampilan dan hal itu menjadi masalah utama bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Sebab perut buncit bisa mengurangi rasa percaya diri atau mungkin bahkan bisa menghilangkan rasa percaya diri, oleh karena itulah alasanny mengapa banyak sekali orang-orang yang berusaha keras untuk mengecilkan perut buncit. Dari diet hingga melakukan olah raga ekstrim rutin setiap hari, semua dilakukan.

Bahaya Perut Buncit Bagi Pria dan Wanita
Bahaya Perut Buncit Bagi Pria dan Wanita

Di dalam bahasa medis, perut buncit ini dikenal dengan sebutan obesitas central sedangkan penyebab terjadinya perut buncit tak lain adalah karena lemak yang menumpuk di dalam perut. Bicara soal lemak, ada dua jenis lemak yang menjadi penyebab perut buncit yaitu lemak subkutan yang letaknya berada di bawah permukaan kulit dan lemak visceral langsung berhubungan dengan masalah obesitas perut.

Proses terjadinya perut buncit itu sendiri adalah ketika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan melebihi energy yang diperlukan oleh keperluan aktifitas fisik seseorang. Selain itu, ada juga faktor lainnya, seperti jika seseorang makan terlalu banyak akan tetapi ia malas untuk berolah raga, maka hak itu bisa menjadi penyebab perut buncit.

Apakah perut buncit itu berbahaya?  Untuk itu, mari kita simak baik-baik beberapa bahaya perut buncit di bawah ini:

Gangguan Pernapasan

Orang yang mengalami perut buncit atau obesitas central kebanyakan akan mengalami gangguan pernapasan dan gangguan tersebut akan sering datang ketika malam hari. Ya, obesitas memang sering sekali dikaitkan dengan berbagai macam gangguan pernapasan, jadi sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk bisa mengecilkan perut. Jika tidak segera diatas maka tidak menutup kemungkinan obesitas central itu akan menuimbulkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti:

  • Bronkitis berat
  • Asma
  • Insufisiensi pernapasan
  • Sindrom hipoventilasi

Insomnia

Masalah insomnia juga kerapkali terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas central atau perut buncit. Hal ini juga bisa memicu munculnya penyakit lainnya. Maka dari itulah perut buncit sangat penting sekali untuk segera diatasi dan tidak dibiarkan begitu saja.

Penyakit Jantung

Obesitas central atau perut buncit bisa juga menimbulkan penyakit serius lainnya seperti misalkan penyakit jantung. Lemak yang telah menumpuk di dalam tubuh itu juga akan meningkatkan potensi lemak-lemak yang ada di dalam aliran darah tersebut membeku yang tentu saja hal itu akan membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Inilah yang menjadi penyebab jantung tidak berfungsi secara maksimal sebab kekurangan oksigen yang biasa dibawa oleh darah ke dalam jantung.

Kolesterol Tinggi

Lemak visceral merupakan lemak yang paling berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan jika lemak tersebut sudah menumpuk, hal itu akan menyebab senyawa peradangan akan keluar bersamaan dengan hormone yang mengganggu metabolism tubuh. Lemak visceral tersebut juga akan mengeluarkan asam lemak bebas, senyawa itu lantas akan masuk ke dalam organ hati yang kemudian akan berubah menjadi kolestrol jahat di dalam tubuh semakin meningkat.

Diabetes

Resiko mengalami penyakit diabetes juga akan terjadi pada seseorang yang mengalami obesitas central atau perut buncit. Hal itu disebabkan karena tingkat efektifitas insulin di dalam tubuh semakin menurun yang fungsinya sebagai pengendali gula darah. Ketika gula darah mengalami peningkatan tanpa bisa dikontrol maka resiko peningkatan gula darah juga akan semakin meningkat di dalam tubuh.

Itulah beberapa bahaya perut buncit atau obesitas central yang sering terjadi dan kerapkali dialami oleh orang yang memiliki masalah perut buncit tapi tidak segera mendapatkan penangananan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...