Wisata Baturaden Banyumas, Wisata Menarik Yang Wajib Kalian Kunjungi

Wisata Baturaden Banyumas, Wisata Menarik Yang Wajib Kalian Kunjungi

619
memuat...

Harianpost.co.id – Bicara soal tempat wisata di jawa tengah, banyak sekali dan semuanya sangat menarik. Mulai dari wisata sejarah, wisata kebudayaan hingga wisata alamnya, semuanya tak ada yang tidak menggiurkan. Itulah sebab jawa tengah selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca Negara. Di jawa tengah ada beberapa kota yang sudah menjadi langganan wisatawan untuk dikunjungi yaitu kota semarang, magelang, solo, Yogyakarta dan lain-lain.

Nah, selain kota-kota tersebut, ada satu nama tempat  yang sering dilupakan oleh wisatawan, yaitu baturaden. Sebuah resort wisata yang menawarkan banyak sekali wisata-wisata menarik di dalamnya seperti mini-train, air terjun, pemandian dan kolam renang, serta jenis wisata lainnya yang tak eksotisnya dengan tempat wisata di kota lain yang ada di jawa tengah.

Nama baturaden sendiri sebenarnya diambil dari legenda yang ada di kawasan sektiar tentang pasangan kekasih yang bernasib sial, pasangan tersebut terjadi antara seorang pelayan laki-laki (Batur) dengan seorang perempuan yang berasal dari keluarga bangsawan (raden). Oleh sebab itulah masyarakat setempat menyebut tempat ini dengan sebutan Baturaden.

 Lokasi Wisata Baturaden

Letak wisata baturaden ini berada di lereng gunung slamet bagian selatan, dari kota purwokerto jaraknya sekitar 14 km. Wisata baturaden masuk dalam kawasan kabupaten Banyumas jawa tengah.

Akses Menuju Wisata Baturaden

Karena letaknya masih berada di lereng gunung slamet, membuat tempat wisata baturaden tidak begitu sulit untuk ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, bahkan kalian bisa datang menggunakan transportasi umum. Bagi kalia yang ingin menggunakan jasa transportasi umum baiknya naik angkutan kota dari terminal kota purwokerto jurusan baturaden, kemudian anda akan diturunkan di terminal lokawisata baturaden.

Namun bagi kalian yang ingin sedikit bebas bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau jika tidak kalian bisa menggunakan taksi atau bisa juga menyewa mobil. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa letak baturaden dengan pusat kota purwokerto ini sekitar 14 – 15 km, jadi kalian hanya butuh waktu sekitar 15 menitan saja apabila jalanannya tidak macet. Saran kami, bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya tetap hati-hati sebab jalanan menuju ke baturaden Banyumas banyak yang menanjak dengan tingkat kemiringan sampai 30 derajat.

Tempat-tempat menarik di Baturaden

Berhubung letak baturaden ini berada di kawasan lereng gunung, maka tidak heran jika banyak sekali tempat menarik yang mengundang selera untuk dikunjungi. Jadi tidak heran jika ketika hari libur tiba banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke baturaden. Berikut ini adalah beberap tempat menarik yang di baturaden:

Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala
Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala ini adalah sebuah kebun binatang sekaligus bisa kalian gunakan sebagai wisata edukasi. Kaloka Widya Mandala menjadi tempat wisata pertama di baturaden sebab tempat ini sudah diresmikan pada tanggal 17 Mei 1995. Di Kaloka Widya Mandala kalian bisa menemukan banyak sekali jenis binatang dari dalam negeri serta dari luar negeri.

Teater Alam Baturaden

Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden

Teater Alam Baturaden masuk dalam daftar tempat wisata baturaden yang paling menarik dan paling banyak dikunjugi oleh wisatawan terutama untuk kalangan anak-anak hingga remaja. Teater Alam Baturaden tak lain adalah bioskop yang bentuknya seperti pesawat terbang jenis foxer 28 milik Garuda Indonesia. Keberadaan Teater Alam Baturaden ini di sebelah kanan pintu masuk lokawisata.

Bedanya Teater Alam Baturaden dengan bioskop-bioskop lainnya adalah, jika bioskop pada umumnya selalu menayangkan film-film layar lebar, maka Teater Alam Baturaden hanya menayangkan film-film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden
Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

Wisata pancuran ini merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang seperti halnya pemandian air panas lainnya di Indonesia. Hanya saja pemandian air pancuran pitu dan pancuran telu di baturaden ini konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, tak terkecuali penyakit kulit. Wisata pemandian air panas pancuran pitu dan pancuran telu ini juga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan sebab selain bisa menikmati air hangat kita juga bisa menikmati pemandangan alam terbuka yang indah sekali.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Telaga Sunyi

Telaga sunyi juga mejadi salah satu yang paling menarik perhatian para wisatawan dan letaknya berada di pusat lokawisata baturaden. Telaga sunyi ini adalah sumber mata air yang sangat jernih sekali, dingin dan sangat segar. Tapi sayangnya, kalian hanya boleh menikmati telaga sunyi ini dengan mata telanjang saja dan tidak boleh mandi di telaga tersebut. Larangan itu diberlakukan untuk keselamatan pengunjung. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...