Cara Jitu Mengatasi Android Lambat Loading Tanpa Aplikasi

Cara Jitu Mengatasi Android Lambat Loading Tanpa Aplikasi

514
memuat...

Harianpost.co.id – Mengalami masalah pada smartphone android memang menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan sekali terutama ketika kita sedang membutuhkan sesuatu dengan cepat atau sedang terburu-buru. Loading lambat menjadi adalah salah satu kasus yang sering dialami oleh para pengguna android yang tidak mengerti tentang bagaimana cara menjaga kebersihan atau tidak disiplin dalam menggunakan smartphone android.

Cara Jitu Mengatasi Android Lambat Loading
Cara Jitu Mengatasi Android Lambat Loading

Masalah loading lambat biasa terjadi ketika kita sedang ingin membuka aplikasi tertentu pada smartphone android atau terkadang terjadi ketika kita sedang ingin membuka browser untuk aktifitas internet. Loading lambat terjadi karena RAM pada smartphone android itu terbebani dengan beberapa aplikasi yang running atau berjalan tapi kita hanya menyembunyikannya saja dan tidak menutupnya. Atau bisa juga terjadi karena terlalu banyak histori dari aktifitas-aktifitas yang sebelumnya kita lakukan (cache) dan kita tidak rajin membersihkannya hingga menumpuk sampai memakan kapasitas besar.

Untuk mengatasi andoird lambat loading atau lemot kita sebenarnya tidak memerlukan aplikasi-aplikasi tertentu, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone android tersebut. nah, lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa cara mengatasi android loading lambat atau lemot tanpa aplikasi yang wajib kalian tahu:

Bersihkan junk

Besarnya junk atau sampah menjadi salah satu faktor penyebab android loading lambat. Jumlah junk atau sampah yang menumpuk akan mengakibatkan kinerja smartphone semakin terbebani ketika akan menjalankan suatu aplikasi atau program tertentu di dalam android anda. Semakin besar kapasitas yang ada di dalam junk tersebut akan menyebabkan semakin lambat loadingnya. Jadi untuk membersihkan junk, anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone android anda masing-masing atau jika tidak tersedia maka barulah kalian download aplikasi cleaning junk. Dengan membersihkan junk, maka smartphone android akan terasa ringan sekali dijalankan. Jika dengan memberishkan junk masih tetap mengalami loading lambat, maka lanjutkan dengan cara kedua.

Clear cache aplikasinya

Setiap aplikasi yang ada di dalam smartphone android itu selalu menyisakan cache di bagian dalam aplikasi tersebut. Untuk melakukannya, anda bisa pergi ke menu setting atau pengaturan, pilih Apps. Kemudian bukalah satu persatu semua aplikasi atau aplikasi tertentu yang sering anda gunakan. Setelah anda memilih Apps maka akan tampil beberapa aplikasi di dalam smartphone tersebut, klik satu persatu maka akan muncul detail aplikasi tersebut. Pilih ‘clear cache’. Lakukan hal yang sama di setiap aplikasi yang ada.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan atau jarang sekali digunakan

Membiarkan aplikasi-aplikasi yang tidak anda gunakan sama sekali atau mungkin sangat jarang anda gunakan hanya akan menambah beban RAM pada smartphone android anda dan hal itu akan membuat kinerja RAM menjadi tidak maksimal hingga menyebabkan smartphone android menjadi lambat loadingnya.

Mematikan aplikasi ketika sudah selesai menggunakannya

Terkadang kita terlalu malas untuk menutup aplikasi yang baru saja kita gunakan, padahal itu bisa memberatkan RAM dan akhirnya bisa menimbulkan kerusakan atau masalah-masalah lainnya. Seperti android hang, nge-lag, android tiba-tiba mati dan lain sebagainya. Jadi, biasakanlah untuk langsung menutup aplikasi atau mematikannya ketika anda sudah tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut. (www.hariapost.co.id)

Komentar

Loading...