Wisata Gumul Kediri, Cara Menikmati Nuansa Kota Roma di Indonesia

Wisata Gumul Kediri, Cara Menikmati Nuansa Kota Roma di Indonesia

407
memuat...

Harianpost.co.id – Kota Kediri dari dulu sudah terkenal dengan sebutan kota tahu, sebab di kota inilah banyak orang memproduksi tahu Poo atau kita biasa menyebutnya dengan tahu taqwa. Tahu ini bentuknya kotak persegi dan berwarna kuning di bagian luarnya, warna putih seperti tahu biasa di bagian dalam. Tahu Poo asli Kediri ini sudah terkenal hinggah ke luar negeri karena rasanya memang sangat enak dan mak nyuss banget di lidah.

Wisata Gumul Kediri
Wisata Gumul Kediri

Tapi kali ini kita tidak akan membahas lebih jauh tentang wisata kuliner di Kediri, melainkan kita akan menuju ke sebuah tugu besar yang ada di persimpangan lima Gumul. Gumul Kediri menawarkan sebuah wisata bersejarah sekaligus wisata ringan yang mana kalian bisa menikmati indah pagi dan sore hari bersama-sama dengan sahabat, keluarga atau mungkin pasangan kalian masing-masing.

Pada dasarnya, gumul ini merupakan sebuah museum yang berisi tentang benda-benda serta cerita bersejarah tentang berdirinya Kediri. Yang membuat gumul Kediri semakin unik adalah museum gumul itu berada di ruangan bawah tanah yang sangat luas sekali. Akan tetapi sayangnya museum tersebut tidak dibuka setiap hari dan hanya dibuka pada hari-hari tertentu. Kalian tidak perlu gundah, sebab kebanyakan orang-orang yang berkunjung ke Gumul Kediri ini tidak menjadikan museum sebagai tujuan utama kunjungan mereka, tapi pemandangan di simpang lima gumul Kediri memang sangat nyaman sekali ditambah lagi dengan terpaan angin-angin yang siap menyegarkan pikiran kita.

Pembangunan persimpangan lima Gumul ini berjalan sekitar 4 tahun lebih, sedangkan persimpangan tersebut menghubungkan ke beberapa wilayah seperti kota Kediri, tulungagung dan trenggalek kea rah barat, wilayah wates kea rah timur, wilayah pare, jombang dan Surabaya ke arah utara, sedangkan ke arah tenggara menuju wilayah sambirejo.

Di persimpangan lima gumul ini sangat pas sekali untuk jalan-jalan di pagi hari dan menikmati hangatnya suasana Kediri di sore hari. Terlebih lagi ketika malam hari, sorotan lampu dari berbagai sudut tugu persimpangan gumul itu membuat suasana di gumul semakin romantis dan bikin kangen pengen kesana lagi. Ada banyak spot menarik untuk mendapatkan hasil foto selfie bagi kalian yang doyan berfoto, hasilnya benar-benar instagenic alias pantas di upload di instagram.

Tugu gumul Kediri ini bahkan sekarang sudah menjadi ikon kota Kediri karena keberadaannya sudah sangat terkenal. Banyak sekali wisatawan-wisatawan dari luar kota yang ingin melihat kemegahan persimpangan lima Gumul kediri, mereka kebanyakan berasal dari kalan anak-anak hingga remaja. Oh iya, berhubung jalur ke utara itu menghubungkan kota pare dan malang, jadi kalian bisa juga lho mampir ke persimpangan lima Gumul ketika kalian ingin pergi ke malang melalui jalur pare. Nah, enak kan? Kalian yang ingin berlibur ke malang mampir dulu bertamasya di persimpangan gumul. Di jamin liburanmu semakin berkesan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...