Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita Yang Paling Umum Terjadi

Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita Yang Paling Umum Terjadi

1139
memuat...

Harianpost.co.id – Jika kita membahas tentang masa-masa kesuburan wanita dan pria, biasanya wanita akan lebih sering mengikuti tanggalan kalender untuk menentukan masa-masa kesuburan mereka. Itu karena wanita memang menjadi pihak yang paling perlu untuk memperhatikan kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Akan tetapi perlu kita tahu bahwa sebenarnya kalender tidak selalu harus digunakan guna menentukan masa kesuburan mereka, sebab kita juga bisa mengetahui kapan masa subur wanita dan pria tanpa kalender.

Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita Yang Paling Umum Terjadi
Ciri-ciri Masa Subur pada Wanita Yang Paling Umum Terjadi

Masa subur, adalah ketika terjadi pelepasan sel telur dari ovarium. Itulah masa dimana terjadi ovulasi atau masa subur.

Masa ovulasi ini adalah masa yang paling penting sebab dengan kita bisa mengetahui masa subur, maka kehamilan itu bisa kita rencanakan dengan baik dan lancar. Sebab pada masa ovulasi ini sel telur dapat dengan mudah bertemu dengan sperma hingga akhirnya akan membentuk embrio. Dengan begitu, maka potensi terjadinya pembuahan akan lebih besar ketimbang waktu lainnya.

Nah, untuk menghitung masa ovulasi itu adalah pada hari ke 13 atau hari ke 14 diitung sejak si wanita mengalami siklus haid. Akan tetapi setiap wanita tidaklah sama, mengapa? Sebab silklus haid wanita sangat beragam dan bisa jadi setiap wanita akan berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ciri-ciri masa subur pada wanita dan pria yang bisa kita jadikan sebagai acuan atau patokan untuk mengetahui apakah saat itu anda dalam masa subur atau tidak.

 

 

Payudara Melunak

Bagi wanita, sebenarnya sangat mudah menentukan apaka saat itu mereka dalam masa subur atau tidak tanpa menggunakan kalender. Salah satu tanda wanita subur adalah ketika terjadi pelunakan pada payudara. Jadi cukup diraba saja, jika payudara anda lunak maka itu artinya anda berada dalam masa subur. Jika tidak, maka anda tidak dalam kondisi subur.

Payudara Membengkak

Biasanya, payudara yang membengkak ini sering mengganggu wanita, akan tetapi perlu anda tahu bahwasannya payudara yang membengkak itu bisa jadi adalah pertanda wanita dalam masa subur sebab saat itu organ tubuh bagian payudara suda siap untuk memproduksi ASI.

Payudara Lebih Sensitif

Tanda wanita dalam masa subur selanjutnya adalah payudara menjadi lebih sensitif. Ketika payudara wanita disentuh maka tingkat kesensitifannya menjadi meningkat lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hal ini biasa seiring dengan dua ciri-ciri sebelumnya yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Penciuman wanita juga Lebih Sensitif

Tak hanya pada payudara saja yang akan mengalami peningkatan kesensitifan, wanita yang berada dalam kondisi subur juga akan mengalami peningkatan dalam hal penciumannya. Hal ini bisa kita ketahui bahwa wanita rata-rata akan lebih seing menangkap aroma yang kuat yang biasanya kita tidak bisa menangkapnya atau menciumnya.

Timbul Bercak Kecoklatan Sedikit

Ketika masa ovulasi tiba, kebanyakan wanita akan mengeluarkan bercak-bercak coklat. Sayangnya, kebanyakan wanita justru merasa panik dan khawatir ketika bercak-bercak coklat tersebut muncul walaupun tidak begitu banyak. Jadi, mulai sekarang anda tidak perlu lagi khawatir jika suatu saat anda mengeluarkan bercak-bercak coklat.

Itulah beberapa tanda atau ciri-ciri masa subur pada wanita yang paling sering terjadi tapi jarang disadari. Sekali perlu diingat bahwa untuk menentukan masa kesuburan tidak selalu harus menggunakan pananggalan kalender. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...