Penyebab Kulit Jari Mengelupas, Kering dan Gatal

Penyebab Kulit Jari Mengelupas, Kering dan Gatal

365
memuat...

Harianpost.co.id – Terkadang seseorang bisa mengalami kulit jari mengelupas, kering atau gatal tanpa mengalami gesekan sebelumnya. Adalah hal yang wajar dan normal kulit jari mengalami hal seperti itu, akan tetapi jika seseorang mengalami kulit jari mengelupas dan kering tanpa sebab yang jelas dan hal itu terjadi sangat sering, bisa jadi itu menjadi gejala atau tanda orang tersebut mengalami penyakit serius.

Penyebab Kulit Jari Mengelupas
Penyebab Kulit Jari Mengelupas

Kulit jari mengelupas, kering dan gatal dalam bahasa medis sering disebut dengan desquamation. Hal itu terjadi tanpa disadari sesudah dua minggu atau lebih. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab kulit jari mengelupas, kering dan gatal yang perlu anda waspadai agar kita bisa mendeteksi kesehatan tubuh kita sedang terganggu atau dalam keadaan tidak sehat.

Terbakar Sinar Matahari

Efek sinar matahari bisa menjadi penyebab utama kulit jari mengelupas, kering dan gatal. Sebab cuaca yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi mudah kering, sinar matahari di siang hari akan sanggup membuat kulit mudah mengalami iritasi mulai dari iritasi ringan hingga berat. Kabar baiknya, kulit jari mengelupas karena efek sinar matahari ini akan sembuh dengan sendirinya dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika penyebabnya memang karena sinar matahari.

Infeksi Jamur

Kemungkinan terjadinya kulit jari mengelupas juga bisa terjadi karena adanya infeksi. Kasus infeksi yang paling banyak terjadi adalah karena infeksi jamur jenis staphylococcus. Kulit jari mengelupas yang disebabkan karena infeksi jamur ini terkadang sulit untuk sembuh, dan jika itu terjadi maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memeriksakannya ke dokter.

Jenis Kulit Kering

Kulit jari mengelupas bisa juga terjadi karena memang orang yang bersangkutan itu memiliki jenis kulit kering kering. Bahkan, jenis kulit kering ini tidak hanya akan menyebabkan kulit jari mengelupas, tapi semua bagian kulit bisa mengelupas terutama kulit bagian betis kaki, kulit wajah dan bibir. Anda bisa mengatasinya dengan memberikan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit anda.

Penyakit Genetik

Penyebab kulit jari mengelupas selanjutnya bisa karena bawaan dari penyakit genetik, penyakit yang sering menyebabkan kulit jari mengelupas adalah sindrom pengelupasan acral. Akan tetapi kita perlu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan bahwa terjadinya kulit jari mengelupas itu disebabkan karena penyakit tersebut.

Demam Scarlet

Namanya memang terdengar sedikit indah, akan tetapi yang namanya penyakit tetap saja penyakit dan itu buruk bagi kita. Penyakit ini bisa muncul karena adanya perkembangan bakteri yang mana penyakit ini biasanya akan ditandai dengan radang tenggorokan serta demam tinggi yang dikenal dengan demam scarlet atau demam scarlatina.

Penyakit Kawasaki

Banyak dari kita yang masih belum tahu secara detail apa itu penyakit kawasaki, kalau sepeda motor kawasaki mungkin sudah banyak yang tahu. Penyakit kawasaki adalah kondisi peradangan yang terjadi di bagian pembuluh darah di seluruh bagian tubuh khususnya pembuluh darah di bagian jantung. Sedangkan salah satu gejalanya adalah terjadinya pengelupasan pada kulit jari yang disertai dengan pembengkakan dan warna kulit juga sedikit memerah.

Psoriasis

Penyebab Kulit jari mengelupas selanjutnya adalah karena psoriasis, atau peradangan kulit yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama, bisa sampai tahunan. Selain kulit jari mengelupas, biasanya juga disertai dengan gejala lainnya seperti kulit bersisik, kering yang disertai dengan ruam kemerah-merahan. Hal itu terkadang juga akan disertai dengan rasa perih dan gatal di bagian kulit yang bersisik dan mengelupas. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...