Cara Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah

324
memuat...

Harianpost.co.id – Bagi para pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya layar sentuh atau touch screen. Dengan fitur touch screen itulah smartphone menjadi terlihat lebih modern dan menarik, selain itu touch screen juga dapat membantu memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan smartphone milik mereka ketika ingin membuka aplikasi dan aktifitas lainnya. Namun penampilan yang menarik dari touch screen itu ternyata juga tidak lepas dari masalah bahkan bisa dikatakan masalah layar touch screen menjadi kasus paling sering terjadi.

Cara Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah
Cara Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah

Lantas apakah layar touch screen yang bermasalah itu bisa diatasi? Dan bagaimana cara mengatasi layar touch screen yang bermasalah tersebut? Pertanyaan seperti ini sering sekali muncul dari para pengguna smartphone karena memang touch screen yang bermasalah itu sangat menyebalkan sekali. Nah, kali ini kami akan membagikan tips lagi tentang smartphone yaitu tentang bagaimana cara mengatasi layar touch screen yang bermasalah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Membersihkan Memori RAM

Untuk para pengguna perangkat smartphone berbasis windows, iOS atau android, sangat penting sekali untuk diketahui bahwa penggunaan aplikasi berat atau game yang berlebihan dalam waktu singkat akan mudah sekali menyebabkan memori RAM cepat penuh. Ketika memori RAM penuh, maka saat itulah layar touch screen akan sering mengalami masalah atau kadang-kadang malah macet. Maka dari itu sangat perlu sekali untuk menghindari pemakaian aplikasi atau game secara berlebihan, gunakanlah seperlunya saja.

Restart / Mulai Ulang Perangkat smartphone

Cara untuk mengatasi layar touch screen yang bermasalah berikutnya adalah dengan cara me-restart perangkat seluler kalian. Nah, tentang bagaimana cara restart smartphone atau mulai ulang perangkat smartphone itu setiap smartphone memiliki cara yang berbeda-beda, akan tetapi ketika layar touch screen macet dan tidak bisa diapa-apakan lagi, maka hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan menekan tombol power serta windows secara bersamaan dan smartphone kalian akan otomatis melakukan reboot. Untuk pengguna android, cukup menekan tombol restart seperti biasanya.

Kalibrasi

Yang dimaksud dengan kalibrasi adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyesuaikan layar touch screen dengan sentuhan. Setiap operating system akan memiliki langkah-langkah yang berbeda dalam melakukan kalibrasi, bahkan sekalipun operating sistemnya sama jika versinya berbeda pun terkadang juga memiliki cara yang berbeda. Bagi pengguna android, bisa menemukan aplikasi kalibrasi pada pilihan pengaturan, sedangkan untuk pengguna apple hingga saat ini masih belum ada aplikasi khusus untuk melakukan kalibrasi namun bisa melakukan cara lainnya dengan menerapkan jailbreak atau jailbroken. Sedangkan bagi para pengguna windows, kalian hanya perlu menekan tombol start lalu pilih jenis kalibrasi yang kalian inginkan.

Menghapus Launcher, Aplikasi serta Game

Sama halnya seperti pada poin pertama tadi mengenai RAM, memori yang penuh menjadi salah satu penyebab layar touch screen bermasalah atau macet. Jadi ketika touch screen mengalami masalah, kalian perlu untuk menghapus beberapa aplikasi atau game yang bisa mengakibatkan memori ponsel kalian menjadi penuh. Sebisa mungkin, hindari penggunaan wallpaper bergerak atau launcher animasi atau mungkin aplikasi-aplikasi yang memiliki efek berat.

Itulah beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk mengatasi layar touch screen yang bermasalah atau macet. Lakukanlah langkah-langkah diatas dengan hati-hati dan jangan gegabah agar tidak terjadi kesalahan. Semoga tips mengatasi layar sentuh atau touch screen yang bermasalah ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kalian semua. Terima kasih, selamat mencoba. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...