Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

2997
memuat...

Harianpost.co.id – Kasus memori internal di hp android penuh sudah sangat sering sekali terjadi dan ini telah menjadi masalah klasik yang selalu dan selalu terjadi sekalipun mereka (pengguna smartphone android) tahu bahwa memori mereka itu terbatas. Terlebih lagi bagi smartphone atau tablet flagship yang tidak dibekali dengan slot penyimpanan tambahan atau eksternal seperti kartu microSD. Biasanya untuk mengatasi hal itu para pengguna smartphone banyak yang menggunakan cara seperti memakai aplikasi cache cleaner yang fungsinya untuk mengosongkan memori internal hp. Akan tetapi meskipun cara itu bisa bekerja, tetapi tidak selalu membuahkan hasil yang efektif, terlebih lagi sebagian orang banyak yang menggunakan smartphone sebagai pengganti flashdisk untuk menyimpan file dari computer.

Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android
Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

Sebenarnya, kasus memori penuh pada smartphone itu bisa terjadi karena kita terlalu sering melakukan download aplikasi atau file lainnya. Oleh karena itulah banyak perusahaan-perusahaan handphone yang menyertakan atau menyediakan slot tambahan untuk memori MicroSD yang fungsinya untuk memperluas ruang penyimpanannya. Hal itu dimaksudkan agar bisa lebih banyak menampung data yang dibaru saja didownload oleh pemakainya.

Selain untuk memperluas atau memperbanyak ruang penyimpanan, keberadaan slot micorSD juga membantu meringankan kinerja smartphone smartphone itu sendiri sebab jika terlalu banyak menyimpan data dan hampir penuh terkadang itu akan membuat smartphone menjadi lemot atau sering hang.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Pintar Android

Untuk menemukan file atau aplikasi yang menjadi penyebab alias biang keladi penyebab memeri penuh adalah cara yang terlalu merepotkan dan terkadang menjengkelkan sebab kebanyakan orang jaman sekarang ingin sesuatu yang praktis dan simple. Solusinya adalah dengan mengikuti langkah yang akan kami bagikan berikut ini:

  1. Download atau unduh aplikasi Memory Map buatan developer atau pengembang Joan Zapata di Play Store
  2. Begitu Kalian membuka aplikasi Memory Map, maka Kalian akan bisa melihat tipe file mana saja yang memakan cukup banyak memori smartphone Kalian berupa bagan yang mirip menyerupai denah atau detail sebuah bangunan.
  3. Untuk melihat data atau file yang ukurannya kecil, Kalian tinggal hanya menggerakkan dua jari tangan Kalian untuk memperbesar ataupun zoom & sekarang Kalian bisa melihat besaran ukuran file yang memakan banyak memori pada smartphone pintar Kalian dalam bentuk satuan megabyte.
  4. Dalam memudahkan Kalian memantau, Kalian bisa menggunakan bantuan mode pilihan pewarnaan (coloration mode). Mode pewarnaan memungkinkan untuk menampilkan berbagai ragam warna berdasar pada perbedaan jenis tipe file, tanggal file tersebut dimasukkan ataupun pengaturan warna yang berkontras tinggi.
  5. Untuk menghapus file atau data yang menjadi biang keladi penuhnya internal memori smartphone android Kalian, pengguna hanya tinggal memilih jenis tipe file yang memang diinginkan dengan cara menyentuh dan lalu menahannya selama beberapa detik atau beberapa saat. Selanjutnya silakan pilihlah satu persatu file yang tak lagi dibutuhkan dan lalu tekanlah ikon tong sampah yang letaknya ada di bagian sudut kanan atas saat mau menghapus. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...