Efek Samping Asam Mefenamat Yang Harus Diwaspadai

Efek Samping Asam Mefenamat Yang Harus Diwaspadai

2739
memuat...

Harianpost.co.id – Obat Asam Mefenamat selalu menjadi solusi bagi setiap orang ketika mereka mengalami rasa sakit mulai dari rasa sakit ringan hingga rasa sakit yang begitu mengganggu. Sebab obat Asam Mefenamat dianggap sebagai obat pereda nyeri terbaik selama ini. Selain itu obat Asam Mefenamat juga dianggap sebagai obat anti-inflamasi non-steroid yang bisa mengatasi peradangan.

Efek Samping Asam Mefenamat
Efek Samping Asam Mefenamat

Dengan mengkonsumsi obat Asam Mefenamat, rasa sakit seperti ketika haid, arthritis dan rasa nyeri setelah menjalani operasi. Tidak hanya itu saja, bahkan ketika seseorang mengalami pendarahan hebat, maka volume pendaraha itu bisa dikurangi dengan mengkonsumsi obat Asam Mefenamat, obat Asam Mefenamat memang memiliki manfaat yang cukup banyak sekali, akan tetapi para pengguna obat Asam Mefenamat ternyata tidak menyadari bahwa ada efek samping yang perlu sekali untuk diwaspadai setelah mengkonsumsi obat anti nyeri tersebut.

Penggunaan Dosis yang Benar

Kita tentu tahu bahwa apapun obat yang kita konsumsi akan aman jika sesuai dengan dosis yang benar dan tepat, tidak terkecuali penggunaan obat Asam Mefenamat ini. Pemakaian dosis yang tepat dalam jangka waktu panjang meminimalisir terjadinya efek samping yang buruk terhadap orang yang mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa efek samping obat Asam Mefenamat yang harus diwaspadai:

Rasa Nyeri pada Ulu Hati

Ketika kita mengkonsumsi obat Asam Mefenamat biasanya akan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati. Potensi terjadi rasa nyeri pada ulu hati biasanya menjadi efek paling sering terjadi ketika seseorang mengkonsumsi obat Asam Mefenamat dengan dosis yang tidak tepat, atau tubuh kita memang bereaksi secara positif terhadap obat Asam Mefenamat tersebut. Rasa nyeri yang muncul biasanya sama dengan rasa nyeri ketika penyakit maag kambuh atau ketika asam lambung naik.

Merasa Cepat Lelah

Sudah menjadi hal yang biasanya ketika kita mengkonsumsi obat-obatan kimia lantas kita merasa mudah lelah, terlebih lagi ketika kita sedang beraktifitas pada siang hari. Hal tersebut ternyata juga terjadi saat kita mengkonsumsi obat Asam Mefenamat tanpa memperhatikan dosis yang tepat atau tanpa resep dokter. Jika anda termasuk salah satu orang yang merasakan hal tersebut akibat pemakaiana obat Asam Mefenamat, maka lebih baik hentikan dulu penggunaan obat Asam Mefenamat untuk sementara waktu.

Mudah Mengantuk

Banyak sekali obat kimia yang menimbulkan efek samping mengantuk, tak terkecuali obat Asam Mefenamat yang bahkan bisa membuat rasa kantuk datang lebih cepat dan tak tertahankan. Jadi lebih baik anda mengkonsumsi obat Asam Mefenamat ketika tidak sedang ingin berangkat kerja.

Sakit Kepala

Penggunaan obat Asam Mefenamat tanpa dosis yang tepat juga bisa menimbulkan rasa sakit kepala yang teramat sangat sakit. Jika anda mengalami sakit kepala setelah mengkonsumsi obat Asam Mefenamat, maka hentikan dulu penggunaannya sebab sakit kepala itu sudah bisa dipastikan efek samping dari obat Asam Mefenamat.

Timbul rasa Mual dan Muntah

Efek samping mual dan muntah biasanya akan terjadi setelah seseorang mengalami rasa sakit pada ulu hati seperti pada poin sebelumnya. Sebab efek samping ini selalu datang bersamaan dengan rasa nyeri pada ulu hati. Bahkan rasa mual dan muntah ini bisa timbul walaupun pemakaian obat Asam Mefenamat sudah sesuai dengan dosis, hal ini akan terjadi jika kondisi kesehatan tubuh seseorang sedang dalam keadaan tidak baik atau tidak stabil.

Hilangnya Selera Makan

Nafsu makan menjadi hilang ketika rasa nyeri pada ulu hati yang diiringi dengan rasa mual dan muntah pada seseorang. Ini adalah bagian dari gejala lambung sebagai akibat dari pemakaian obat Asam Mefenamat tanpa dosis yang tepat.

Terjadi Perdarahan pada Lambung

Penggunaan obat Asam Mefenamat yang berlebihan juga akan mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan bahkan bisa sampai menimbulkan pendarahan pada bagian lambung. Hal ini tentu saja sangat berbahaya dan perlu untuk segera dilarikan ke rumah sakit. Untuk itu, berhati-hatilah ketika anda ingin mengkonsumsi obat Asam Mefenamat atau jangan gegabah mengkonsumsinya tanpa resep dokter. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...