KamuHarusTau: Tukang Becak Ini Perbaiki Jalan Selama 19 Tahun!

KamuHarusTau: Tukang Becak Ini Perbaiki Jalan Selama 19 Tahun!

314
memuat...

Harianpost.co.id – Namanya adalah Sudarto (43th), asal desa karang harjo kecamatan pulokulom kabupaten grobogan jawa tengah. Dia benar-benar merelakan dirinya untuk menambal jalan berlubang, kepedulian Sudarto itu berawal dari rasa prihatin pada kondisi jalan di sekitar tempat tinggal Sudarto yang memang terlihat sudah rusak parah.

Sudarto rela menambal jalan berlubang selama 19 tahun
Sudarto rela menambal jalan berlubang selama 19 tahun

Menurut kabar yang diberitakan oleh kompas, sudah terhitung sejak tahun 1999 hingga sekarang Sudarto tanpa lelah menjadi satu-satunya orang yang rela menambal jalanan rusak di sekitar rumahnya tanpa ada perasaan terpaksa. Itu artinya, Sudarto sudah menjadi penambal jalan selama kurang lebih sekitar 19 tahun.

Sudarto mengatakan sesuatu yang megejutkan, dirinya sama sekali tidak rela jika ada warga yang mengalami musibah akibat jalan yang rusak. Hal itulah yang membuat dirinya langsung bergegas memperbaiki atau menambal jalan yang rusak ketika dirinya melihat ada jalan yang memang rusak atau berlubang.”Tidak ada yang menyuruh. Hati saya tergerak sendiri, yang ada di pikiran saya bagaimana agar jalan bisa enak dilewati dan becak tidak rusak,” ujar Darto sambil menambal jalur berlubang.

Untuk menambal lubang jalanan tersebut Sudarto hanya menggunakan peralatan yang sangat sederhana sekali, seperti cangkul, sekop dan palu besi. Semua peralatan tersebut dibawa Sudarto berkeliling ke kampungnya untuk menambal jalan yang sudah berlubang atau rusak.

Dia menambal jalan yang berlubang tersebut dengan caranya sendiri, ketika dirinya menemukan ada jalan yang berlubang atau rusak dia langsung mencari batu gamping yang memang sangat melimpah di wilayah tempat tinggalnya. Batu gamping tersebut dipecah-pecah menjadi kecil-kecil guna menambal jalan berlubang itu. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...