Sakit Kepala Setelah Makan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Kepala Setelah Makan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

284
memuat...

Harianpost.co.id – Kebanyakan orang setelah makan mereka pasti merasa puas karena kenyang, bahkan beberapa diantara mereka terkadang ada yang merasa ngantuk dan jika mereka tidur maka itu akan menimbulkan berat badan naik. Akan tetapi ternyata tidak semua orang selalu merasakan puas karena kenyang ataupun ngantuk setelah makan, sebagian dari mereka justru ada yang mengalami sakit kepala setelah makan, mengapa hal itu bisa terjadi? Apa penyebab sakit kepala setelah makan tersebut?

Sakit Kepala Setelah Makan
Sakit Kepala Setelah Makan

Kali ini tim harianpost akan memberikan informasi mengenai penyabab sakit kepala setelah makan sekaligus cara mengatasi sakit kepala setelah makan. Simak bebebrapa penyebab sakit kepala setelah makan berikut ini:

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga bisa menjadi pemicu terjadi sakit kepala setelah makan, terlebih lagi bagi anda yang menyukai makanan-makanan asin atau makanan apapun yang mengandung garam begitu tinggi, maka otomatis tekanan darah akan langsung naik hingga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kepala terasa sangat pusing.

Cara mengatasinya: Silahkan lakukan cek kadar tekanan darah secara rutin sehingga kita bisa mengira-ngira kapan kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi atau paling tidak kita bisa menghindari makanan yang mengandung garam tinggi. Serta hindari makanan-makanan penyebab darah tinggi.

Reaksi Alergi

Ketika seseorang memiliki lergi terhadap makanan tertentu, maka hal itu juga bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala setelah makan. Alergi semacam ini bisa dialami saat system daya tahan tubuh seseorang mengklaim makanan yang baru saja masuk tersebut adalah ancaman bagi kesehatan hingga akhirnya tubuh mengalami reaksi seperti sakit kepala.

Cara mengatasinya: Baiknya jauhi makanan-makanan yang sekiranya akan menimbulkan alergi pada tubuh anda, perlu diingat bahwa kondisi kekebalan tubuh seseorang itu berbeda-beda jadi makanan yang harus dihindari juga akan berbeda.

Brain Freeze

Brain freeze atau yang sering kita sebut dengan nama otak beku memang sangat menggangu sekali dan selalu membuat seseorang merasa tidak nyaman karena rasa sakit kepala yang ditimbulkannya begitu sakit, datangnya tiba-tiba dan juga akan hilang dengan tiba-tiba. Sakit kepala tersebut sering terjadi setelah mereka makan. Biasanya sakit kepala ini akan terasa setelah mereka mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.

Cara mengatasinya: Sudah jelas, hindari makanan atau minuman yang dingin sebab peredaran darah yang menuju ke otak akan mengalami hambatan ketika anda mengnkonsumsi makanan atau minuman dingin.

Gula Darah Rendah

Bagi para penderita gula darah rendah, sudah dipastikan akan selalu mengalami sakit kepala setelah makanan. Sebab, ketika insulin diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak, pada akhirnya akan terjadi penurunan darah kadar gula darah secara mendadak dan inilah yang menyebabkan kepala pusing setelah makan.

Cara mengatasinya: Tidak perlu menghindari makanan-makanan yang menyebabkan gula darah  turun, hanya saja anda batasi jumlahnya. Sebab karbohidrat dan gula darah juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat pancreas bisamenghasilkan insulin.

Terlambat Makan

Biasanya orang-orang yang terlambar untuk makan juga akan mengalami sakit kepala setelah makan. Sebab hal itu bisa saja terjadi karena ada hubungannya dengan kesehatan lambung orang tersebut. Ketika seseorang telat untuk makan dari jadwal sebelumnya, tubuh akan lemas dan lemah hingga membuat kinerja orga-organ tubuh lainnya menjadi berkurang dan ketika tiba-tiba mereka makan akan terjadi reaksi yang berbeda hingga menimbulkan rasa sakit kepala.

Cara mengatasinya: Ketika anda merasa telat makan atau terlambat dari jadwal makanan seperti biasanya, usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum anda makanan, jadi jangan langsung mengkonsumsi makanan yang berat. Setelah itu, usahakan untuk rutin makan di jam yang sama setiap harinya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...