Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis – Pengertian dan Contoh Penyakit

Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis – Pengertian dan Contoh Penyakit

115
memuat...

Harianpost.co.id – Dua kata akut dan kronis mungkin sudah sangat sering sekali kita dengar di dunia kesehatan, dan keduanya sekilas terdengar sama. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu tentang perbedaan arti dari kata akut dan kronis tersebut, itu karena antara kata akut dan kronis sering menggambarkan kondisi kesehatan yang sudah cukup parah sehingga banyak yang menganggap bahwa antara penyakit akut dan kronis itu sama, padahal kedua kata tersebut berbeda.

Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis
Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis

Bagi orang-orang awam sepertinya masih wajar jika mereka tidak tahu dan tidak mengerti tentang perbedaan akut dan kronis, tapi tidak ada salahnya juga jika kita sedikit banyak mengerti atau paling tidak tahu perbedaan akut dan kronis. Dan karena kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda, maka sebaiknya kita tahu terlebih gdahulu perbedaan antara akut dan kronis.

Penyakit Akut

Penyakit akut merupakan kondisi penyakit yang terjadi secara mendadak dan berlangsung dalam jangka waktu yang tidak begitu lama alias waktunya singkat, maka dari itu sering kita sebut dengan penyakit akut. Sementara itu pada penyakit akut, gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh seseorang terbilang serius.

Penyakit akut ini juga bisa diartikan sebagai penyakit yang memiliki tingkat rasasakit yang sangat tajam sekali dan terjadinya secara mendadak, rasanya sangat hebat sekali. Akan tetapi kondisi yang sangat hebat itu juga akan sangat cepat sekali dialami seseorang. Jadi ketika seseorang terserang penyakit akut, maka mereka butuh penanganan medis dengan segera ketika mereka mengalaminya.

Contoh Kondisi/Penyakit Akut

Sebagai contoh gangguan kesehatan yang sudah terbilang akut adalah seperti patah tulang. Akan tetapi serangan asma secara mendadak yang terjadi untuk pertama kalinya bisa termasuk ke dalam kondisi akut, selain itu cedera leher dan luka bakar juga termasuk ke dalam kondisi penyakit akut. Walaupun penderitanya tidak mengalami gangguan kesehatan begitu lama, akan tetapi penyakit akut itu sangat parah hingga membuat penderitanya merasa panic.

Selain penyakit-penyakit yang telah disebutkan diatas tadi, ada beberapa penyakit yang bisa dikategorikan sebagai penyakit akut, yaitu flu, pilek bahkan radang tenggorokan ayng terlihat sepele dan singkat itu bisa sangat mengganggu.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis ini seringkali digunakan untuk mengkondisikan suatu penyakit yang diderita oleh seseorang dalam jangkan waktu yang lama sekali bahkan sampai tahunan. Penyakit kronis terjadi dalam waktu yang relative lama, penyakit tersebut juga akan terjadi secara berulang-ulang bahkan akan semakin parah.

Jika seseorang berada pada posisi kronis, kebanyakan mereka akan merasakan prosesnya secara perlahan-lahan, akan tetapi lama-kelamaan penyakit tersebut bisa menjadi sangat serius dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penyakit-penyakit kronis ini pada awalnya sering dianggap sebagai penyakit yang sepele dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, akan tetapi gejala-gejala pada penyakit kronis itu semakin lama semakin mengancam jiwa penderitanya dan baru mereka sadari bahwa itu penyakit kronis ketika penyakitnya sudah parah dan tidak kunjung sembuh.

Nah, maka dari itulah sebelum suatu penyakit berubah pada tingkatan kronis, ada baiknya apapun gejala yang terjadi diawal-awal penyakit tidak kita sepelekan sebab bisa berakhir pada penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa penderitanya. Jadi intinya, kondisi penyakit kronis merupakan tahap penyakit setelah akut dan itu artinya penyakit kronis selalu lebih parah dibandingkan penyakit akut dan waktunya juga sangat lama sekali.

Bahkan, penyakit kronis ini bisa diderita oleh seseorang selama seumur hidup dan juga butuh waktu yang lama untuk masa penyembuhannya. Penyakit akut bisa saja berubah menjadi penyakit kronis jika gejala-gejala awal yang tampak tidak segera mendapatkan pertolongan. Itulah perbedaan penyakit aku dan kronis yang perlu anda ketahui sebagau dasar pengetahuan untuk membedakan keduanya agar tidak lagi salah kaprah dalam mengatakannya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...