Pantai Parangkusumo Yogyakarta, Pantai Indah Penuh Dengan Cerita

Pantai Parangkusumo Yogyakarta, Pantai Indah Penuh Dengan Cerita

225
memuat...

Harianpost.co.id – Pantai parangkusumo menjadi salah satu pantai di jawa tengah yang tak kalah populer dengan pantai parangtritis dan letaknya ada di wilayah DIY Yogyakarta. Bahkan letak pantai parangkusumo ini juga masih satu deretan dengan pantai parangtritis, jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Sama halnya dengan pantai parangtritis, pantai parangkusumo yang berhadap-hadapan langsung dengan samudra hindia ini juga memiliki ombak yang deras sekali, jadi kalian yang berencana mengunjungi pantai parangkusumo baiknya berhati-hati.

Wisata Pantai Parangkusumo
Wisata Pantai Parangkusumo

Hanya saja perbedaannya dengan pantai parangtritis adalah jika parangtritis itu berpasir hitam, maka pantai parangkusumo ini punya daya tarik dengan pesona pasir putihnya yang menawan. Di pantai parangkusumo ini juga sering sekali diadakan acara-acara adat berupa upacara kebudayaan dan ritual di waktu-waktu tertentu.

Cerita Mistis Pantai Parangkusumo

Keindahan pantai parangkusumo itu ternyata juga memilki cerita mistis, cerita mistis pantai parangkusumo itu letaknya ada di batu cinta yang terdapat di pantai tersebut. di batu cinta pantai parangkusumo itu terdapat sebuah bangunan yang disebut dengan cepuri. Menurut mitos masyarakat setempat merupakan tempat pertama kali bertemunya panembahan senopati, seorang raja mataram yang pertama dengan ratu kidul. Pertemuan panembahan senopati itu dalam rangka memohon agar dirinya bisa menjadi raja mataram dan ratu kidul menyanggupinya. Akan tetapi ada syarat yang harus dituruti oleh panembahan senopati, dia dan keturunannya harus bersedia menjadi suami ratu kidul.

Mitos di Pantai Parangkusumo

Cerita Keberhasilan penambahan senopati untuk ambisinya memimpin kerajaan mataram itu kemudian membuat warga masyarakat setempat percaya bahwa dengan melakukan tirakat atau semedi di pantai parangkusumo akan dapat mengabulkan sega keinginannya. Oleh sebab itulah di saat-saat tertentu batu cinta itu banyak sekali orang yang memanjatkan permohonan mereka dengan berbagai macam cara, setiap orang berbeda-beda.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Harga tiket masuk menuju pantai parangkusumo ini sebenarnya hanyalah tiket restibrusi yang berada di gerbang depan, jadi tiket ini sudah termasuk dalam tiket masuk pantai parangkusumo dan parangtritis sebab kedua pantai ini masih berada di dalam satu kawasan.

Tiket masuk yang berlaku di Pantai Parankusumo adalah tiket retribusi di gerbang depan. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Parangtritis karena memang kedua pantai ini masih dalam satu kawasan.

  • Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
  • Tarif masuk motor Rp.1.000,-
  • Tarif masuk mobil Rp.5.000,-
  • Tarif parkir motor Rp. 2.000,-
  • Tarif parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Jadi bagi kalian yang ingin atau sedang berkunjung ke pantai parangtritis, baiknya kalian mampir juga ke pantai prangkusumo dan rasakan keindahan serta nuansa mitis yang ada di sekitar pantai parangkusumo. Pastikan kalian berkunjung ke pantai parangkusumo dengan rombongan, usahakan jangan sendirian. Paling tidak kalian bersama seseorang ketika berkunjung ke pantai parangkusumo. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...