Penyebab Demam Menggigil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Demam Menggigil dan Cara Mengatasinya

352
memuat...

Harianpost.co.id – Setiap orang baik itu pria maupun wanita, anak-anak maupun orang dewasa sama-sama memiliki potensi terserang demam menggigil dan penyebab demam tersebut bisa berbeda-beda pada setiap orang. Penyebab demam menggigil boleh berbeda, akan tetapi gejala awalnya tetap sama yaitu tubuh seseorang akan terasa seperti kedinginan dan diiringi dengan meningkatnya suhu badan tubuh.

Penyebab Demam Menggigil
Penyebab Demam Menggigil

Untuk itulah penting kiranga untuk kita mengetahui beberapa Penyebab demam menggigil pada seseorang dan berikut ini adalah beberapa penyebab demam menggigil dan cara mengatasinya:

Infeksi

Ketika salah satu bagian tubuh kita mengalami infeksi atau peradangan akibat luka yang memburuk hingga terdapat nanah atau sejenisnya atau terjadi infeksi, pada saat itulah seseorang juga akan mengalami peningkatan suhu badan. Kondisi demam dalam situasi yang seperti ini sebenarnya adalah bentuk dari pertahanan tubuh terhadap segala jenis peradangan agar tidak semakin buruk atau luas.

Cuaca

Cuaca yang seringkali menjadi penyebab demam menggigil adalah cuaca sejuk atau dingin, sebab pada saat itu jaringan otot terganggu sehingga menyebabkan otot mengalami penurunan fungsi atau fungsinya menjadi melemah dalam rangka mengatur suhu normal. Cuaca yang dingin akan membuat aliran darah menjadi lebih lambat, dan hal itu membuat suhu tubuh mejadi lebih hangat.

Flu

Penyakit flu paling sering disebabkan karena menurunnya daya tahan tubuh yang bisa terjadi karena seseorang kekurangan tidur, terlalu lelah, stress atau bisa juga karena tertular dari orang lain yang mengalami flu.

Meningitis

Meningitis sebagai akibat dar iserangan radikal bebas yang banyak sekali mengandung bakteri juga akan menyebabkan seseorang akan mengalami peningkatan suhu badan atau demam tinggi. Sama halnya dengan infeksi tadi, bahwa kondisi demam menggigil itu adalah bentuk perlawanan dari terjadinya kelainan jaringan yang ada di dalam tubuh seseorang.

Penyakit malaria

Sudah bukan lagi menjadi rahasia jika penyakit malaria akan selalu ditandai dengan adanya kenaikan suhu badan atau demam tinggi. Hal itu karena cedera akiibat dari gigitan nyamuk aedes agypty sementara demam tinggi merupakan bentuk perlawanan antibody alami yang ada di dalam tubuh terhadap segala benda-benda asing yang dianggap harus diblokir dan dimatikan.

Cara mengatasi demam menggigil:

Minuman lemon dan kayumanis

Lemon dan kayu manis sangat dikenal sebagai bahan yang memiliki zat anti bakteri dan mampu meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga kondisi demam bisa dengan mudah diturunkan dengan cepat. Selain itu itu kayu manis dan lemon juga dikenal ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh seseorang.

Minuamn jahe dan teh

Tanaman jahe juga merupakan salah satu jenis bahan dapur yang sangat berguna sekali untuk kesehatan tubuh manusia terutama untuk mengatasi terjadi demam menggigil. Sebab di dalam jahe ini terdapat zat antiuksidan aktif yang mampu mengambalikan otot-otot yang melemah sebagai penyebab dari demam menggigil.

Ramuan kunyit

Kita tentu tahu bahwa kunyit itu punya senyawa yang istimewa dan anti bakteri yang sangat berguna sekali bagi kesehatan. Zat anti mikroba yang ada di dalamnya mampu mengambalikan suhu tubuh kembali normal dalam jangka waktu yang relative singkat sekali.

Bawang putih

Lagi-lagi bawang putih, ya bawang putih memang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan terutama untuk mengatasi masuk angin, pilek dan mempercepat peningkatan imunitas tubuh seseorang sehingga orang tersebut tidak akan mudah mengalami demam tinggi atau demam menggigil. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...