Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

528
memuat...

Harianpost.co.id – Batu ginjal merupakan salah satu bagian dari penyakit ginjal yang mana sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Sementara itu gaya hidup tidak sehat paling banyak dilihat dari makanan sehari-hari yang juga tidak sehat sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan sebuah penyakit kronis. Kita perlu kembali mengingat bahwa ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital sekali yang berfungsi sebagai organ yang mengeluarkan sekaligus menyaring limbah di dalam tubuh. Bayangkan jika ginjal mengalami gangguan, berapa banyak limbah dan kotoran yang mengendap di dalam tubuh kita.

Makanan Penyebab Batu Ginjal
Makanan Penyebab Batu Ginjal

Saat seseorang memiliki pola makan dan minum yang tidak baik, maka ginjal sudah pasti menjadi sasaran gangguan kesehatan lainnya. Penyakit batu ginjal itu tidak muncul begitu saja, ada beberapa makanan yang menyebabkan penyakit batu ginjal bisa muncul atau dialami oleh seseorang. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab batu ginjal yang wajib untuk diwaspadai.

Sarden

Penyakit batu ginjal akan sangat cepat terbentuk di dalam tubuh seseorang karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Purin sebenarnya adalah senyawa organic yang bersifat baik dan dapat mendukung peningkatan aroma. Sedangkan sarden merupakan makanan instan yang mengandung zat tersebut dan jika anda terlalu sering mengkonsumsinya maka potensi anda terkena batu ginjal juga akan sangat besar.

Daging Merah

Biasanya kita disarankan untuk mengkonsumsi daging merah karena daging merah memang kaya akan kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi ternyata daging merah mampu meningkatkan resiko terkena penyakit batu ginjal. Hal ini jika daging merah tersebut dikonsumsi secara berlebihan atau tidak teratur tanpa diimbangi dengan diet sehat atau tanpa diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya dari makanan yang lain.

Minuman Berkarbonasi

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis minuman berkarbonasi yang dijual dipasaran dan sebaiknya minuman-minuman tersebut tidak anda konsumsi secara berlebihan terlebih lagi jika sudah ketagihan, sebaiknya hentikan sekarang juga jika anda tidak ingin berhadapan dengan penyakit batu ginjal. Tidak hanya penyakit batu ginjal saja, akan tetapi seseorang akan menderita penyakit kronis lainnya jika mengkonsumsi minuman jenis ini secara berlebihan.

Contoh minuman berkarbonasi adalah sebagai berikut:

  • Minuman berenergi
  • Minuman soda
  • Minuman jus kemasan

Garam

Kita tentu sudah menyadari bahwa garam memang sebuah bahan dapur yang wajib ada di setiap makanan yang kita masak. Namun penggunaan garam yang berlebihan ternyata sangat berpotensi membuat seseorang menderita penyakit batu ginjal. Garam juga merupakan bahan dapir yang mengandung zat zodium tinggi yang paling sering digunakan oleh seseorang, akan tetapi penggunaannya perlu untuk kita batasi mulai sekarang.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang juga mengandung zat sodium tinggi:

  • Sereal instan
  • Mie instan
  • Kacang-kacangan yang telah melalui proses diasinkan.
  • Saus
  • Kecap
  • Sosis
  • Ham
  • Nugget
  • Bacon
  • Makanan kaleng

Itulah beberapa makanan yang menjadi penyebab penyakit batu ginjal dan perlu sekali untuk kita waspadai ketika kita ingin mengkonsumsi atau menggunakannya. Sebaik apapun makanan itu bagi kesehatan tubuh kita, penggunaan yang berlebihan tetap saja akan menimbulkan sesuatu yang buruk. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...