KamuHarusTau: Alasan Bangunan Kuno Lebih Kuat Dari Beton Masa Kini

KamuHarusTau: Alasan Bangunan Kuno Lebih Kuat Dari Beton Masa Kini

642
memuat...

Harianpost.co.id – Sebagian dari kalian pasti pernah terbesit pikiran dan pertanyaan mengapa bangunan-bangunan kuno itu sangat kokoh sekali dan bahkan lebih kokoh dari struktur bangunan jaman sekarang. Padahal bisa kita bayangkan bahwa saat itu teknologi masih tidak semaju seperti sekarang ini dan masih dikerjakan secara manual saja atau masih menggunakan tenaga manusia 100 persen.

Alasan Bangunan Kuno Lebih Kuat Dari Beton Masa Kini
Alasan Bangunan Kuno Lebih Kuat Dari Beton Masa Kini

Salah satu bukti bangunan kuno yang hingga saat ini masih berdiri kokoh adalah bangunan yang berada di kota Roma, Italia. Semua bangunan kuno di Italia rata-rata memiliki umur yang sangat lama sekali meskipun bangunan tersebut dihantam ombak selama kurang lebih 2 ribu tahun lamanya. Dan hebatnya bangunan tersebut masih kokh berdiri.

Dan baru-baru ini, para peneliti sudah menemukan jawabannya mengenai alasan bangunan tua itu jauh lebih kuat dari bangunan-bangunan gedung di jaman sekarang. Ternyata selain tahan lama dan lebih kuat dari beton jaman sekarang, beton kota Roma Italia itu semakin kuat seiring berjalannya waktu.

Penelitian tersebut langsung dipimpin oleh ahli geologi dari University of Utah, Marie Jackson. Jika beton modern banyak dibuat dari semen Portland, yaitu semen yang berasal dari campuran pasir silica, batu gamping, tanah liat, kapur tulis dan bahan-bahan lainnya.

Berbeda dengan beton bangunan-bangunan kuno kota Roma, mereka diciptakan dari abu vulkanik, air kapur dan air laut. Material-material tersebut akan terus melakukan reaksi dan pada akhirnya akan membuat semen bangunan kota Roma tersebut bisa jauh lebih tahan lama bahwa akan semakin kuat. “Bangsa Romawi menciptakan beton mirip batu yang tumbuh subur dalam pertukaran kimia terbuka dengan air laut,” kata Jackson. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...