Kapalan – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Kapalan – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

391
memuat...

Harianpost.co.id – Kapalan dalam bahasa medisnya memiliki sebutan lain yaitu callus, kapalan ini seringkali muncul pada bagian tubuh sebelah tumit, kaki,tangan maupun jari yang tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika beraktifitas dan bahkan terkadang timbul rasa nyeri. Kapalan merupakan kondisi kulit yang mengalami penebalan di bagian permukaannya sebagai akibat dari adanya tekanan atau gesekan yang terlalu sering terjadi atau berlebihan yang mana akan membuat kulit semakin keras dan berawarna agak kekuning-kuningan. Kulit yang mengalami kapalan ini tingkat kesensitifannya juga sudah berkurang bahkan kapalannya sudah parah sama sekali sudah tidak sensitive lagi.

Kapalan – Gejala, Penyebab dan Pengobatan
Kapalan – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Gejala dan Penyebab Kapalan

Kondisi tubuh yang bagaimanapun itu, seperti apapun gangguan kesehatan yang terjadi selalu memiliki tanda atau gejala yang pasti akan dikeluhkan sebelum atau ketika gangguan kesehatan tersebut terjadi.  Lantas bagaimana kita akan tahu kalau kulit kita akan mengalami kapalan? Berikut ini adalah gejala-gejala yang perlu anda ketahui ketika kulit anda akan mengalami kapalan:

  • Area kulit mengalami penebalan dan teksturnya kasar.
  • Terjadi benjolan yang mengeras pada permukaan kulit.
  • Rasa nyeri dan sakit saat disentuh.
  • Kulit mengalami pecah-pecah dan kering.
  • Untuk penderita diabetes akan menimbulkan sirkulasi darah yang buruk.

Sementara itu kapalan bisa terjadi karena tekanan dari berat badan pada area kulit sehingga permukaan kulit akan semakin menebal sebagai reaksi untuk melindungi jaringan-jaringan yang berada di bawahnya. Nah, berikut ini adalah beberapa aktifitas sebagai penyebab kapalan yang paling sering terjadi:

Usia Lanjut

Kebanyakan orang-orang yang berusia lanjut akan mengalami kapalan, hal itu dikarenakan jaringan lemak pada kulit semakin tua akan semakin berkurang. Jadi, resiko kulit mengalami kapalan semakin besar.

Memakai Peralatan Atau Alat Musik

Memakai alat-alat yang langsung bersentuhan dengan permukaan kulit terutama pada kulit yang sering terjadi kapalan seperti telapak tangan juga akan berpotensi menimbulkan kapalan lebih cepat, tidak hanya memainkan alat musik, para pekerja kasar juga seringkali mengalami kulit kapalan.

Memakai sepatu yang terlalu kecil

Pemakaian sepatu yang terlalu kecil atau terlalu sempit juga bisa menyebabkan kulit kapalan, itu diakibatkan karena adanya tekanan pada bagian kulit-kulit tertentu. Akan tetapi ternyata pemakaian sepat uyang terlalu longgar juga sama-sama berpotensi menimbulkan kulit kapalan akibat terjadinya gesekan dengan area kulit tertentu.

Tidak Memakai Sarung Tangan

Ketika seseorang beraktifitas menggunakan tangan dan mereka tidak memakai kaos tangan, maka potensi telapak tangan mengalami kapalan juga sangat besar sekali. Semakin lama mereka bekerja dengan kulit tangan telanjang tanpa menggunakan kaos tangan maka resiko mengalami kapalan juga akan semakin besar.

Jari Kaki Palu

Sudah tahu apa itu jari kaki palu? Jari kaki palu merupakan keadaan cacat atau kelainan pada bagian kaki yang akan membuat jari kaki menjadi bengkok ke bawah dan itu tentu saja jari kaki akan mudah mengalami kulit kapalan.

Pengobatan Medis dan Alami Kapalan

Ketika kapalan tersebut sudah membuat seseorang merasa nyeri atau sakit, maka perlu tindakan penanganan secara medis atau pengobatan secara alami untuk kulit kapalan. Untuk pengobatan medis bisa langsung dilakukan oleh dokter yang bersangkutan dengan cara sebagai berikut:

  • Memotong kulit keras: Dokter spesialis kulit akan memotong sebagian area kapalan yang menebal sehingga tekanan yang terjadi pada jaringan bawah kulit keras bisa dikurangi.
  • Plester anti kapalan: Dokter akan memberikan plester yang mengandung asam salisilat untuk ditempelkan pada area kapalan kulit dan dokter akan menentukan seberapa sering plester tersebut harus diganti.
  • Salep antibiotik: Salep antibiotik akan diberikan dokter untuk mengurangi timbulnya resiko infeksi.
  • Alas sepatu khusus: Apabila penderita memiliki kelainan pada bentuk kaki, maka dokter akan menyarankan alas kaki yang dipakai pada sepatu agar gesekan pada kaki bisa berkurang atau dihindari.
  • Operasi: Terjadinya operasi memang kemungkinannya sangat kecil, akan tetapi dokter akan menyarankan tindakan ini untuk memperbaiki struktur tulang penyebab kapalan tersebut.

Kapalan ternyata juga tidak hanya bisa disembuhkan dengan pengobatan secara medis saja, ada beberapa obat alami kapalan yang juga bisa anda gunakan untuk melakukan penanganan terhadap kulit kapalan. Berikut ini adalah obat alami kapan yang harus anda ketahui:

  • Cuka Apel
  • Bawang Merah
  • Cuka Putih
  • Lemon
  • Aspirin
  • Air Hangat dan Garam Epsom. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...