Penyebab Batuk Berdahak Putih dan Cara Mengatasinya

Penyebab Batuk Berdahak Putih dan Cara Mengatasinya

3293
memuat...

Harianpost.co.id – Batuk berdahak bisa jadi bukanlah merupakan penyakit batuk biasa sebab pada kasus-kasus tertentu dahal yang dikeluarkan itu sendiri bisa memiliki beberapa warna. Sedangkan dahak yang dikeluarkan tersebut adalah satu-satunya informasi tentang penyebab batuk berdahak, tidak terkecuali batuk berdahak putih yang sering kali dialami oleh seseorang. Jika kita kupas lagi, mbatuk berdahak putih itu juga bisa dibagi menjadi beberapa bagian, tergantung dari kekentalan dahak yang dikeluarkan, akan tetapi dalam kasus yang akan kita bahas ini nanti kita akan membahas batuk berdahak putih secara umum.

Penyebab Batuk Berdahak Putih dan Cara Mengatasinya
Penyebab Batuk Berdahak Putih dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya keluarnya dahak itu merupakan sesuatu yang sangat positif bagi seseorang sebab ketika seseorang mengeluarkan dahak, saat itulah pathogen yang berasal dari luar tubuh juga ikut keluar. Sebelum kita melakukan pengobatan batuk berdahal putih terlebih dahulu kita harus tahu tentang apa saja penyebab batuk berdahak putih. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab batuk berdahak putih yang perlu anda ketahui terlebih dahulu:

Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan dimana pada saluran pernapasan tersebut telah terjadi peradangan akibat adanya infeksi virus. Selain itu, bronkitis bisa terjadi karena adanya iritasi dan asap rokok yang menjadi penyebab munculnya penyakit bronkitis yang akhirnya akan menimbulkan batuk berdahak warna putih.

Penyakit Flu

Penyakit flu kebanyakan akan disertai oleh batuk-batuk berdahak berwarna ptuih dan penyakit flu ini mampu menyerang seseorang dewasa 2 – 4 kali per tahunnya, sementara anak-anak bisa terserang flu selama 10 kali selama pertahun. Gejala flu tentu sangat beragam, namun yang paling umuim terjadi flu pada fase-fase terakhir biasanya selalu disertai dengan batuk berdahak.

Rhinitis Alergi

Rhinitis Alergi adalah suatu reaksi ketika kita menghirup sesuatu yang sangat lembut dan masuk ke dalam saluran pernapasan seperti debu, serbuk bunga, atau partikel-partikel lainnya yang pada akhirnya bisa menimbulkan batuk berdahal warna putih.

Gustatory Rhinitis

Sama halnya dengan poin sebelumnya, Gustatory Rhinitis ini juga merupakan sebuah reaksi alergi dari tubuh kita hanya saja Gustatory Rhinitis ini akan beraksi terhadap makanan-makanan tertentu yang menjadi penyebab seseorang sampai mengalami batuk berdahak putih dan kebanyakan sangat kental sekali.

Penyakit Sinusitis

Hampir sama dengan penyakit flu, hanya saja penyakit Sinusitis ini berada dalam kondisi yang lebih parah atau lebih buruk dimana penderita juga akan mengalami hidung tersumbat yang kadang-kadang juga akan mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan, selain itu penyakit Sinusitis juga akan berdampak munculnya batuk berdahak warna putih.

Asam Lambung

Masalah asam lambung atau yang sering disebut dengan GERD ini juga merupakan kondisi yang sering menjadi pemicu seseorang mengalami batuk berdahak warna putih. Sedangkan batuk berdahal warna putih merupakan gejala umum ketika asam lambung naik.

Cara Mengatasi Batuk berdahak Warna Putih

Setelah kita tahu beberapa alasan atau penyebab dari timbulnya batuk berdahak warna putih, maka kita sekarang menjadi tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengobati batuk berdahak warna putih tersebut. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa kita lakukan sebagai langkah untuk mengobati batuk berdahak warna putih:

  • Berkumur air garam
  • Minum banyak air putih
  • Mengonsumsi sup hangat
  • Menghirup uap
  • Olahraga pernapasan
  • Minum air jahe
  • Periksa ke dokter. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...