KamuHarusTau: Mahasiswa Beijing Mulai Tertarik Pelajari Bahasa Jawa!

KamuHarusTau: Mahasiswa Beijing Mulai Tertarik Pelajari Bahasa Jawa!

255
memuat...

Harianpost.co.id – Para mahasiswa di Beijing Foreign Studies University (BFSU) ternyata mendapatkan pelajaran bahasa jawa, mata kuliah bahasa jawa tersebut selalu diajarkan dua kali dalam setiap pekannya.  “Mata kuliah bahasa Jawa diajarkan setiap hari Senin dan Selasa. Yang mendaftar mata kuliah ini empat orang, tapi yang masuk kelas mata kuliah ini totalnya delapan orang,” ungkap staf pengajar BFSU, Hendy Yuniarto MA.

Mahasiswa Beijing Pelajari bahasa jawa
Mahasiswa Beijing Pelajari bahasa jawa

Seperti yang diberitakan oleh Tempo, beberapa orang yang mendaftarkan diri untuk belajar bahasa jawa itu semua berasal dari Foreign Studies University (BFSU) yang mengambil jurusan bahasa Indonesia. Ada juga beberapa mahasiswa yang berasal dari Malaysia serta mahasiswa dari Institut Konfusius.

Mereka yang mengambil mata kuliah ini sedikit tahu tentang Jawa atau pernah ke Jawa untuk berlibur, belajar, atau bekerja,” lanjut Hendy Yuniarto yang meraih gelar sarjana dan magister linguistik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tersebut.

Semua mahasiswa yang mengikuti mata juliah bahasa jawa itu sebelumnya sama sekali tidak tahu tentang bahasa jawa akan tetapi mereka terlihat sangat antusias sekali mengikuti mata kuliah tersebut. Sementara itu mata kuliah yang ada Foreign Studies University (BFSU) akan fokus pada percakapan sehari-hari sebab belajar tentang percakapan itu lebih praktis dan sangat berguna sekali untuk berkomunikasi secara langsung ketika berada di lapangan. “Materi yang mereka pelajari dibagi dalam beberapa topik komunikasi sehari-hari. Setiap topik ada dua bagian, bahasa ngoko dan krama,” ujar pria 27 tahun kelahiran Yogyakarta itu. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...