Penyebab Menstruasi Lama Tidak Berhenti dan Selesai

Penyebab Menstruasi Lama Tidak Berhenti dan Selesai

517
memuat...

Harianpost.co.id – Masa menstruasi seorang wanita itu wajarnya paling lama adalah 7 hari atau satu minggu, sedangkan masa-masa pendarahan atau haid ini akan terjadi secara rutin setiap bulannya. Akan tetapi selalu saja ada kasus yang membuat wanita kebingungan sebab masa Menstruasi mereka berlangsung lebih lama dari biasanya. Ketika hal ini Menstruasi berlangsung lebih lama tentu wanita akan langsung khawatir jika masa Menstruasinya lebih dari satu minggu.

Penyebab Menstruasi Lama
Penyebab Menstruasi Lama

Pada umumnya, masa Menstruasi itu tidak akan lebih dari satu minggu dengan siklus rata-rata 21 dan 35 hari untuk wanita dewasa, sedangkan untuk para remaja yang masih menginjak masa-maa pubertas biasanya tidak teratur. Nah agar kita tidak penasaran tentang penyebab Menstruasi lama dan tidak tidak berhenti, mari kita sama-sama menyimak beberapa penyebabnya di bawah ini:

Perubahan Berat Badan

Bagaimanapun juga seorang wanita memiliki potensi lebih besar dalam hal peningkatan berat badan, artinya berat badan wanita mudah sekali naik dan mudah sekali untuk menurun. Nah perubahan berat badan ini ternyata juga menjadi penyebab utama masa Menstruasi tidak berhenti-berhenti atau tidak selesai dalam waktu satu minggu. Maka dari itu cobalah cek berat badan anda jika mengalami perubahan entah itu naik atau turun berarti tidak perlu khawatir.

Hormon yang tidak teratur

Tiroid yang aktif atau yang kurang aktif bisa juga menjadi salah satu masalah yang pada akhirnya akan menyebabkan Menstruasi wanita berlangsung lebih lama dari biasanya. Ketika terjadi gangguan pada hormone seksual, maka secara otomatis masa haid atau Menstruasi akan terjadi lebih lama dari waktu normalnya bahkan terkadang akan mengeluarkan darah haid lebih banyak dari biasanya dan rasanya juga sangat nyeri sekali.

Pendarahan Uterus Disfungsional

Jika kita sulit memahami istilah ini, gampangnya kondisi ini adalah kondisi DUB dimana pendarahan ini bisa terjadi secara abnormal. Pada kasus ini terdapat kaitan erat dengan ketidak seimbangnya hormone pada tubuh seseorang.

Karena mengkonsumsi Obat Tertentu

Obat-obatan seperti antipsikotik, steroid dan tiroid merupakan jenis obat-obatan yang mampu membuat kadar hormone dalam tubuh seorang wanita terganggu sehingga pada akhirnya berdampak pada masa Menstruasi mereka dan berlangsung lebih lama lagi.

Polip

Kondisi polip ini adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan selaput lendir secara tidak wajar yang juga dialami di sejumlah organ tubuh lainnya tidak terkecuali bagian rahim wanita. Nah ketika di dalam rahim tersebut terdapat polip maka sebelum dalam sesudah masa Menstruasi akan selalu mengalami flek-flek sehingga masa Menstruasi tersebut jadi terhitung lebih lama dibandingkan sebelumnya atau normalnya.

Fibroid Rahim

Masa Menstruasi lama itu bisa juga disebabkan oleh aksistensi fibroid rahim atau tumor uterus yang jinak atau bisa juga dikatakan non kanker yang mana itu akan tumbuh di dalam rahim. Ketika usia-usia subur maka tumor ini akan selalu muncul dan tanpa gejala apa-apa, kalaupun ada gejala akan terjadi di bagian kaki terasa nyeri.

Mengkonsumsi Pil KB

Bagi anda yang sering mengkonsumsi pil KB atau menjalani program KB sejenis biasanya ketika Menstruasi akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya atau dari masa-masa normalnya. Tidak hanya pada waktu saja, biasanya juga terjado perubahan pada tingkat aliran darah haidnya serta frekuensi haid itu sendiri akan mengalami perubahan. Jadi ketika anda mengalami masa Menstruasi yang lebih lama dari normalnya ada baiknya anda mengkonsultasikannya ke dokter sebelum melakukan tindakan secara pribadi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...