Penyebab Amnesia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Amnesia dan Cara Mengatasinya

225
memuat...

Harianpost.co.id – Amnesia adalah kondisi ketika seseorang mengalami hilang ingatan yang mana saat itu orang tersebut akan kehilangan semua memori kejadian-kejadian tertentu dan kesulitan dalam mengingat semua pengalaman atau informasi. Kebanyakan kasus terjadi pada para penderita Amnesia biasanya dialami setelah mereka mengalami kecelakaan atau cedera khususnya pada bagian kepala sehingga berdampak pada kinerja otak.

Penyebab Amnesia dan Cara Mengatasinya
Penyebab Amnesia dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi ternyata Amnesia ini bisa saja terjadi begitu mendadak pada seseorang tanpa orang tersebut mengalami kecelakaan terlebih dahulu, artinya Amnesia disini merupakan sebuah penyakit. Parahnya, Amnesia ini bisa semakin parah apabila tidak segera dilakukan tindakan. Secara umum, jenis penyakit Amnesia ini terdiri dari 9 jenis. Dan penyakit Amnesia bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab Amnesia dan cara mengatasinya:

Cedera Kepala

Cedera pada bagian kepala menjadi faktor penyebab Amnesia paling sering terjadi sebab kepala merupakan bagian organ tubuh dimana orak tempat manusia menyimpan semua memori beada. Ketika seseorang mengalami cedera kepala yang serius atau mengalami gagar otak kebanyakan orang tersebut otaknya akan mengalami gangguan termasuk mengalami Amnesia tersebut. Sedangkan cedera kepala disini biasanya seringkali terjadi akibat dari benturan sehingga menyebabkan kinerja otak menjadi tidak maksimal lagi.

Stroke

Akibat dari penyakit stroke ini berdampak pada terhambatnya pasokan darah yang menuju ke otak sebab pembuluh darah yang pecah atau terjadi penyumbatan, hal itu mengakibatkan terjadinya penurunan daya ingat seseorang yang menderita stroke. Perlu diingat bahwa serangan stroke ini bisa terjadi kapan saja dan pada beberapa kasus bisa datang secara tiba-tiba alias mendadak. Namun pada kebanyakan kasus, penyakit stroke ini akan ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Salah satu sisi mulut akan tampak turun.
  • Salah satu sisi mata akan kelihatan turun.
  • Cara bicara penderita mulai kacau atau tak jelas.
  • Penderita juga ada yang bahkan sama sekali tak mampu berbicara walau dalam keadaan sadar.
  • Lumpuh pada bagian lengan, biasanya di satu sisi saja. Karena hal ini, maka penderita tak mampu membawa/mengangkat lengan.

Perubahan Hormon

Hormone yang mengalami perubahan pada tubuh manusia juga sanggup membuat ingatan seseorang mengalami penurunan atau Amnesia. Resiko kehilangan ingatan akibat perubahan hormone ini resikonya akan menjadi lebih besar ketika wanita mengalami menopause saat hormone estrogen di dalam tubuh mereka mengalami penurunan menjadi sangat rendah sekali.

Selain disebabkan karena hormone estrogen yang menurun, Amnesia juga bisa disebabkan karena meningkatnya hormone kortikosteroid. Untuk mengantisipasinya cobalah anda mengkonsultasikannya ke dokter spesialis.

Cara Mengobati Amnesia

Untuk bisa mengatasi penyakit Amnesia ini ktia terlebih dahulu harus mengetahui kondisi yang mendasari Amnesia itu sendiri, hal ini dilakukan agar penyakit Amnesia yang diderita oleh seseorang bisa terdeteksi dengan baik dan dapat diobati. Untuk mengobatinya, menjalankan terapi merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengobati Amnesia. Terapi yang dimaksudkan adalah terapi okupasi serta terapi kognitif.

Untuk bisa melakukan terapi tersebut ada beberapa yang anda butuhkan, benda-benda tersebut adalah:

  • Alat tulis
  • Ponsel
  • Atau menaruh benda di suatu tempat

Demikianlah informasi tentang penyebab amnesia dan sekilas tentang bagaimana cara mengatasinya. Sebelum terlalu terlambat, segera ambil langkah diagnosa dan dokter barulah mampu membantu menangani kondisi Anda. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...