Badan Sakit Semua – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Badan Sakit Semua – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

97
memuat...

Harianpost.co.id – Ketika seseorang mengalami kondisi badan sakit semua biasanya akan merasakan tubuh mereka tidak nyaman dan jika kondisi tersebut dibiarkan berlarut-larut maka akan menimbulkan penyakit yang leih serius sebab bakteri dan virus akan mudah masuk dan menyerang orang tersebut. Hal itu dikarenakan ketika seseorang mengalami kondisi badan sakit semua, daya tahan tubuhnya akan menurun.

Badan Sakit Semua – Gejala, Penyebab dan Pengobatan
Badan Sakit Semua – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Gejala badan sakit semua

Kondisi badan sakit semua kebanyakan dialami oleh orang-orang dewasa sebab usia dewasa seseorang akan lebih banyak beraktifitas, akan tetapi tidak menuup kemungkinan bahwa kondisi badan sakit semua itu bisa juga dialami oleh anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa gejala badan sakit semua yang bisa anda jadikan pedoman untuk mengantisipasinya:

• Tubuh teras pegal dan linu
• Otot terasa kaku dan nyeri
• Terserang flu
• Nafsu makan berkurang
• Tubuh kelelahan (Chronic spastic syndrome)
• Persendian terasa nyeri
• Mudah mengantuk
• Kehilangan konsentrasi

Dan di bawah ini adalah beberapa hal yang menjadi Penyebab badan sakit semua:

Aktivitas berat

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aktifitas yang berat akan menyebabkan badan terasa sakit semua. Tubuh yang digunakan untuk beraktifitas terus-menerus akan berdampak pada kualitas otot dan saraf di beberapa bagian tubuh yang harus dipaksa untu menerima beban agar terus melakukan gerakan, terlebih lagi jika gerakan tubuh tersebut harus mengandalkan otot tangan dan otot kaki. Ujung-ujungnya bada akan terasa pegal-pegal dan terasa nyeri.

Olahraga berlebihan

Olah raga memang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi olah raga yang berlebihan tentu bukan solusi terbaik untuk mendapatkan kesehatan justru olah raga yang berlebihan itu akan berdampak buruk pada kondisi tubuh seseorang terutama badan sakit semua. Kasus ini hampir sama dengan melakukan aktifitas berat pada poin pertama tadi.

Obat obatan

Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang yang dikonsumsi tanpa resep dokter juga mampu memberikan pengaruh pada kekuatan otot dan bisa menurunkan kualitas fungsi saraf di seluruh bagian tubuh. Hal itu akan mengakibatkan tubuh akan terasa pegal, linu dan nyeri.

Kurang gerak

Pada poin ini tentu berbalik 180 derajat dengan poin sebelumnya yang aktifitas berat dan olah raga yang berlebihan, perlu kita ketahui bahwa tubuh yang kurang gerak juga bisa menjadi penyebab badan sakit semua. Tubuh yang kurang gerak akan menyebabkan peredaran dara menjadi tidak lancar, otot kaku, sendi-sendi akan terasa nyeri, dan semua itu menjadi sebab-sebab munculnya gejala badan sakit semua.

Faktor usia

Di usia tua, daya tahan tubuh seseorang juga akan melemah dan semakin menurun, hal itu mengakibatkan tubuh akan mudah sekali terasa pegal, nyeri dan linu yang semuanya jika digabungkan maka badan akan terasa sakit semua. Otot di usia tua tentu tidak akan sekuat ketika seseorang masih muda, selain itu otot dan saraf juga akan mengalami penurunan fungsi.

Penanganan dan pengobatan badan sakit semua:

Ketika anda mengalami gejala badan sakit semua, cobalah untuk membiasakan diri melakukan beberapa hal dasar di bawah ini:

• Melakukan Peregangan otot disela-sela kesibukan atau aktivitas sehari hari untuk mencegah ketegangan otot yang menjadi penyebab munculnya gejala badan sakit semua

• Berjemur matahari pagi karena cahayanya mampu memerangi bakteri didalam tubuh, Menyehatkan hati , Membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh

• Cukup istirahat dan kurangi merokok serta tinggalkan minuman beralkohol agar kondisi saraf dan otot otot tubuh senantiasa dalam kondisi stabil

• Banyak minum air putih untuk melancarkan peredaran darah yang biasanya akan menyeababkna badan terasa poegal dan nyeri ketika muncul dehidrasi

• Pastikan untuk bisa menguranfi stres atau kondisi suasana hati agar tetap nyaman dan stabil serta diiringi dengan melakukan meditasi atau yoga.

Komentar

Loading...