Daftar Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Yang Ampuh

Daftar Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Yang Ampuh

347
memuat...
Daftar Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Yang Ampuh
Daftar Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Yang Ampuh

Harianpost.co.id – Sembelit atau dalam bahasa medisnya disebut konstipasi adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang seringkali membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Akan tetapi masalah sembelit ini sebenarnya merupakan masalah yang sangat umum dan sudah banyak dialami oleh semua orang. Memenuhi asupan serat merupakan kunci dan syarat utama untuk mengatasi masalah sembelit yang mengganggu.

Maka dari itulah makanan-makanan yang mengandung serat tinggi sangat dibutuhkan bagi seseorang yang sedang mengalami semebelit. Berikut ini adalah daftar makanan untuk mengatasi sembelit yang paling ampuh.

Kentang Panggang

Masih belum banyak orang yang tahu bahwa kentang panggang sekaligus kulitnya itu memiliki kandungan serat sebanyak 3,8 gram, sedangkan kentang panggang jika digabungkan dengan kulitnya ternyata memiliki jumlah serat sebanyak 4,8 gram. Jadi Kentang panggang ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi sembelit yang mengganggu karena kandungan seratnya memang sangat tinggi sekali.

Kacang

Makanan selanjutnya yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit adalah kacang, namun perlu diingat bukan sembarang kacang. Di bawah ini adalah beberapa jenis kacang yang baik untuk dijadikan cemilan dan mengandung serat tinggi:

  • Kacang merah (8,2 gram serat/setengah mangkuk).
  • Kacang navy (9,5 gram serat/setengah mangkuk).
  • Kacang lima (6 gram/pack)
  • Pinto (6 gram/pack)
  • Kacang tanah (9 gram/100 gram)

Brokoli

Brokoli menjadi solusi terbaik bagi anda yang sedang mengalami masalah sembelit sebab di dalam brokoli ini mengandung serat yang sangat tinggi sekali dan renda akan kalori. Anda bisa mengkonsumsinya dengan berbagai macam cara, bisa dikukus, dipanggang atau di bakar.

Apel Merah

Buah yang terkenal bagus sekali untuk program diet ini ternyata juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah sembelit sebab kaya akan kandungan serat. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, apel merah juga kaya akan asam organik dan kalium. Untuk mengatasi dan mencegah sembelit, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi apel merah setiap hari.

Aprikot

Buah aprikot ini juga mengandung serat yang sangat tinggi sekali. Dengan mengkonsumsi aprikot setiap hari secara rutin maka sistem pencernaan menjadi lebih lancar serta membuat pengeluaran feses menjadi lebih mudah.

Roti Gandum

Roti gandum ini terkenal sebagai makanan yang rendah lemak, akan tetapi kaya akan serat serta karbohidrat kompleks. Jika anda hendak membeli roti gandum maka sebaiknya pastikan dulu pada kemasannya apakah terdapat tulisan seperti ‘gandum utuh’ atau ‘whole wheat’.

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu jenis makanan yang juga sangat cocok untuk dikonsumsi ketika seseorang sedang mengalami masalah sembelit. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa ketika anda ingin membuat olahan Popcorn jangan terlalu banyak memberikan garam sebab akan memicu darah tinggi serta penyakit serius yang lain.

Buah Berry

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, beberapa jenis buah berry juga sangat bagus untuk mengatasi masalah sembelit sebab mempunyai kandungan serat yang tinggi. Beberapa jenis buah berry yang baik dan punya serat tinggi antara lain:

  • Strawberry (2 gram/setengah gelas).
  • Raspberry (4 gram/setengah gelas).
  • Blackberry (3,8 gram/setengah gelas).

Pisang

Pisang dari dulu menjadi salah satu buah yang paling ampuh untuk membakar lemak, akan tetapi ternyata pisang memiliki manfaat lain yang juga tak kala pentingnya, yaitu mengatasi masalah sembelit. Dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari 2 – 3 buah, bisa dipastikan masalah sembelit tidak akan pernah dialami.

Lemon

Semua orang mungkin sudah pada tahu bahwa buah lemon ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi sekali lengkap dengan sifat antioksidannya yang tinggi sehingga buah lemon juga sering digunakan sebagai penangkal racun pada sistem pencernaan. Buah lemon ternyata juga mengandung serat asam yang sangat baik untuk memperlancar BAB. (www.harianpost.co.id)

Komentar