KamuHarusTau: Ini Penyebab Cewek Lebih Peka Ketimbang Cowok

KamuHarusTau: Ini Penyebab Cewek Lebih Peka Ketimbang Cowok

444
memuat...
cewek lebih peka
cewek lebih peka

Harianpost.co.id – Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar kalimat-kalimat seperti “Makanya jadi cowok itu yang peka dong!” atau “Emang benar ya ternyata cowok itu gak peka!”, dan lain sebagainya. Jika kita teliti dengan baik rata-rata cewek sudah teramat sering sekali mengucapkan kalimat-kalimat senada. Seolah-olah kalimat tersebut memberikan kesimpulan bahwa pria memang memiliki sensitivitas yang sangat rendah sekali.

Akan tetapi, pada kenyataannya ternyata itu memang benar adanya. Bahwa cowok memang benar-benar tidak sepeka cewek, hal ini bahkan sudah ditinjau dari sisi ilmiah. Belakangan ini seorang ilmuwan pun sempat mengungkapkan sebuah fakta bahwa seorang wanita memiliki derajat empati yang lebih tinggi dari pada kaum pria.

Sementara itu di tempat lain yaitu Tim peneliti dari Amen Clinics di California AS juga mengungkapkan hasi penemuan terbaru mereka dengan cara mengamati sebanyak 46.034 pemindaian otak yang dilakukan oleh teknologi SPECT, disitu ditemukan bahwa otak wanita tidak seaktif otak pria.

SPECT sendiri adalah alat yang dirancang khusus untuk melacak aliran darah melalui otak. Pemindaian itu sendiri dilakukan kepada dua partisipan dalaam dua kondisi yang berbeda yaitu ketika istirahat dan ketika fokus untuk pekerjaan.

“Ini adalah studi yang sangat penting untuk membantu memahami perbedaan otak berdasarkan gender. Perbedaan kuantitatif yang kami identifikasi antara pria dan wanita penting untuk memahami risiko berbasis gender tentang gangguan otak seperti penyakit Alzheimer,” kata pemimpin penelitian Daniel Amen, seperti dikutip dari Science Alert.

Kata lebih aktif yang dimaksudkan adalah bahwa alirah darah seorang wanita itu lebih banyak darip da pria. Namun bukan berbati itu sebuah tanda bahwa wanita lebih sering menggunakan otaknya dari pada pria, soal itu justru sebaliknya. Para peneliti juga menjelaskan bahwa dengan adanya bagian otak yang lebih aktif akan memberikan dampak antara lain wanita menjadi lebih bisa memunculkan empati dan intuitif yang lebih tinggi akan tetapi memiliki resiko kecemasan lebih tinggi.

Penelitian yang dimaksudkan adalah untuk membantu memberikan pemahaman mengapa wanita menjadi lebih peka dari pada pria, serta mengapa resiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson itu berbeda antara pria dan wanita. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...