Cara Jitu Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Jitu Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

290
memuat...
Komputer Tidak Bisa Masuk Windows
Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Harianpost.co.id – Terkadang ketika kita menyalakan komputer atau sedang ingin melakukan restart komputer ternyata yang kita dapati justru masalah blue screen atau error, ketika hal itu terjadi maka itu artinya kalian sedang masalah yang lumayan serius dan masalah komputer error saat masuk ke windows ini merupakan masalah yang paling banyak dialami oleh para pengguna komputer kebanyakan, dan itu artinya komputer tidak bisa masuk ke windows dengan baik. Masalah ini biasanya muncul karena adanya proses booting dari komputer yang sedang kita jalankan tidak berjalan dengan sempurna dan kemungkinan besar proses booting tersebut telah berhenti di tengah jalan.

Bagi kebanyakan orang yang masih awam di dunia komputer tentu saja masalah komputer error tidak bisa masuk ke windows ini akan membuat mereka langsung panic dan bingung, mereka akan langsung berpikir bahwa komputer tersebut telah rusak dan lain sebagainya. Tapi tenang dulu, kalian tidak perlu panic saat komputer kalian tidak bisa masuk ke windows. Ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab komputer tidak bisa masuk ke windows, dengan begitu nantinya kita akan tahu apa yang harus kita lakukan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer tidak bisa masuk ke windows :

  • Ada file yang tidak sengaja terhapus dalam Sistem Operasi Windows
  • Ada kemungkinan virus, spyware ataupun Trojan yang ikut loading saat anda men-start up komputer.
  • Ada kerusakan pada file atau driver yang menyebabkan windows gagal dalam membacanya.
  • Sistem Operasi Windows yang rusak atau belum diinstal.
  • Ada setting BIOS yang settingannya dirubah atau tidak benar.

Dari beberap apenyebab yang sudah dijelaskan diatas tadi, maka sekarang kalian cobalah untuk melakukan cek dan ricek dan kemudian mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows dengan langkah-langkah yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini.

Berikut adalah langkah untuk mengatasi komputer tidak bisa masuk ke windows:

Cobalah start-up dengan menggunakan Safe Mode

Untuk melakukannya tekan F5 yang terdapat di keyboard ketika pertama kali akan masuk ke windows. Lalu pilih safe mode, jika komputer berhasil masuk ke windows itu berarti nanti akan ada loading yang tidak bisa terbaca oleh komputer dengan benar. Nah coba kalian matikan loading tersebut dengan menggunakan MSconfig pada langkah startup. Pilih Start > Run > MSconfig.

Cara kedua untuk memulihkan komputer tidak bisa masuk ke windows adalah dengan melakukan repair windows.

Masukkan saja CB instalasi windows kemudian ubah biosnya terlebih dahulu dan lakukan start up dengan menggunakan CD atau DVD ROM. Setelah instalasi masuklah ke bagian install windows dan kemudian akan muncul pilihan repair windows. Jika proses repair windows ini nanti gagal maka kalian bisa melakukan instalasi ke folder yang baru. Ingat, pastikan terlebih dahulu kalian mengubah settingan biosnya, apabila kalian tadinya sudah mengubah settingan biosnya, maka kembalikan seperti semula, akan tetapi jika kalian lupa, langkah untuk mengatasinya adalah dengan memilih loading bios default.

Cara ketiga, biasanya komputer tidak masuk ke windows itu akibat dari driver VGA card yang mengalami kerusakan. Jika memang itu penyebabnya maka kalian bisa mencoba untuk melakukan safe mode lalu lakukan unsintall pada driver VGA card tersebut. Kemudian install ulang VGA nya dengan benar. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...