KamuHarusTau: Pengen Jadi Pemimpin? Ini Modal Utama Yang Wajib Kalian Punya

KamuHarusTau: Pengen Jadi Pemimpin? Ini Modal Utama Yang Wajib Kalian Punya

246
memuat...
Leadership
Leadership

Harianpost.co.id – Setiap orang tentu saja ingin menjadi seorang pemimpin, menjadi orang pertama yang disorot dan diperhatikan oleh banyak orang serta dihormati tentu adalah seorang pemimpin. Akan tetapi dari semua itu ternyata untuk menjadi seorang pemimpin itu tidak semudah yang kita bayangkan, sebab kalian sudah tahu bahwa pemimpin akan mengemban tanggun jawab yang besar.

Ada istilah yang menyatakan, “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memahami pentingnya memberikan motivasi dan arah yang jelas untuk mencapai tujuan yang lebih besar”. Terus apa sih bedanya pemimpin yang baik dan pemimpin yang biasa saja? Dari beberapa sumber, untuk bisa menjadi seorang pemimpin itu tidak hanya bermodalkan otak yang cerdas dan teknis saja, akan tetapi seorang pemimpin harus punya modal besar, salah satunya adalah kecerdasaan emosionalnya.

Apa sih Kecerdasan emosional itu? Kecerdasan emosional itu adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam rangka menerima, menilai dan mengelola serta mengontrol emosinya sendiri dan emosi orang lain yang ada di sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa sifat yang termasuk ke dalam kecerdasaan emosional:

  1. Mawas diri

Mawas diri merupakan sebuah kemampuan memahami suasana hati seseorang, selain itu juga suasana hati diri sendiri, beserta kekuatan, kelemahan, dorongan dan prinsip yang ada pada diri kita masing-masing.

  1. Pengaturan diri

Masih belum mengerti apa itu pengaturan diri? Pengaturan diri adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengendalikan, mengatur, serta melakukan adaptasi dengan situasi apapun yang terjadi. Kasarannya, bagaimana kita bisa memimpin orang lain kalau mengatur diri sendiri saja tidak bisa.

  1. Motivasi diri

Ini merupakan dorongan semangat untuk mencapai suatu tujuan agar diri kita tidak mudah putus asa, dan itulah sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin. Jika pemimpin tersebut mudah putus asa, maka orang-orang yang ada di bawahnya juga akan melakukan hal yang lebih lagi.

  1. Empati

Empati disini sangat penting sekali dimiliki oleh seorang pemimpin sebab empati ini merupakan kemampuan untuk memahami emosi dan perasaan orang lain lantas memberikan respond yang tepat. Jarang sekali orang bisa melakukan hal ini jika dalam dirinya tidak ada jiwa pemimpin.

  1. Keterampilan sosial

Keterampilan sosial juga menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin sebab dengan memiliki kemampuan ini kita bisa menjalin hubungan dan membangun jaringan yang lantas diarahkan ke tujuan yang dikehendaki bersama-sama. Jadi ketika kita mengembangkan diri kita menjadi seorang pemimpin, paling tidak kalian harus memiliki skill ketrampilan yang mumpuni agar jika dilihat oleh bawahannya kita juga masih terlihat berwibawa. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...