Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding

Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding

328
memuat...
Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding
Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding

Harianpost.co.id – Saat computer kita mengalami masalah seperti hang atau nor responding tentu akan membuat kita merasa jengkel sekali dan geram. Padahal sebenarnya masalah seperti ini sangatlah umum terjadi pada sebuah computer. Artinya, tidak hanya kalian saja yang mengalaminya, hampir semua pengguna computer pernah mengalaminya, dan itu memang benar-benar menjengkelkan  kan?

Nah, karena itu pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas masalah computer hang dan nor responding walaupun sebenarnya masalah ini sudah seringkali terjadi dan menjadi masalah yang klasik. Cara mengatasi computer hang atau not responding ini perlu sekali kita ketahui dan kita pelajari agar suatu saat ketika computer hang dan not responding kita tidak bingung bagaimana cara mengatasinya.

Biasanya, seseorang ketika mengalami masalah computer hang dan not responding itu kebanyakan akan segera memunculkan task manager dengan cara menekan Ctrl+Alt+Del, tapi itu jka memungkinkan. Sekarang bagaimana jika kondisi computer kalian saat itu hang total? Cara yang sering kita lakukan pasti melakukan restart paksa atau jika kita memegang laptop, biasanya akan menekan tombol power beberapa detik hingga laptop tersebut mati, lantas menghidupkannya kembali.

Cara seperti itu memang terbukti bisa mengatasi computer hang dan not responding, akan tetapi jika kita melakukannya berulang kali, hardisk computer kalian bisa tamat.

Berikut ini adalah beberapa Penyebab Komputer Hang Macet dan Not Responding dan cara mengatasinya:

  1. Virus komputer

Virus hampir selalu sukses membuat computer sering hang dan not responding. Jadi jika computer kalian hang atau sering terjadi not responding ketika kita menjalankan program tertentu, maka pastikan kalian memiliki antivirus dan segera melakukan scanning pada computer atau laptop kalian. Bicara soal antivirus, di luar sana banyak sekali, seperti antivirus malware, avira, smadav dan lain sebagainya.

  1. Memori RAM penuh

Penyebab komputer hang dan sering not responding berikutnya adalah memori RAM terlalu penuh. Hal ini sudah pasti akan membuat kinerja computer menjadi sangat lambat dan jika dibiarkan saja akan sering mengalami nor responding. Kasus seperti ini biasanya terjadi karena kita membuka aplikasi secara bersamaan sehingga membuat computer kalian harus bekerja dua kali lipat lebih berat.

  1. OS Windows sedang bermasalah

Jika kita sering mengalami komputer hang atau not responding itu biasanya masalah ada pada system operasi windows. Hal ini karena ada beberapa file windows yang mengalami corrupt hingga terjadi konflik ketika menjalankan program tertentu.

Cara mengatasinya adalah dengan mengecek semua aplikasi yang menyebabkan OS windows bermasalah atau jika kalian malas cek satu persatu, langsung saja lakukan repair windows.

  1. CPU overheating

Ketika system pendingin komputer bermasalah maka akan menyebabkan PC kita cepat panas hingga membuat computer hang atau not responding. Biasanya terjadi karena terlalu banyak debu yang mengendap pada kipasnya, jadi untuk mengatasinya lakukan pembersihan dengan segera.

  1. Hardisk bermasalah

Hardisk harus selalu kita perhatikan sebab disitulah lambungnya computer, semua data tersimpan di hardisk, dan ketika hardisk sudah low space dan kita terus memaksanya untuk menyimpan file-file biasanya akan membuat computer macet dan not responding. Jadi periksa kembali sampah pada recycle bin, periksa juga aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai atau jarang sekali kalian gunakan, hapus.

Jika perlu, lakukan secara rutin membersihkan file junk dengan menggunakan ccleaner. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...