Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Paling Aman

Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Paling Aman

237
memuat...
olahraga untuk ibu hamil
olahraga untuk ibu hamil

Harianpost.co.id – Ketika seorang wanita dalam keadaan hamil maka otomatis perut akan tampak semakin membesar sebab janin yang ada di dalam kandungannya tumbuh berkembang. Dengan begitu tubuh wanita juga secara otomatis harus dituntut untuk bekerja dua kali lipat lebih kuat guna bisa menopang kandungan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan wanita hamil itu mudah mengalami sakit kepala atau sakit pinggang bahkan cepat merasa kelelahan.

Jadi, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa olahraga untuk ibu hamil yang paling aman. Berikut ini ulasannya:

Jalan-jalan Santai

Bagi kebanyakan ibu hamil, olahraga yang sangat mungkin dilakukan adalah olahraga dengan tekanan fisik yang sangat rendah sekali. Sedangkan jalan santai adalah jawabannya. Jalan santai merupakan jenis olahraga yang sangat sederhana, murah dan aman bagi ibu hamil sebab olahraga tersebut tidak menguras energy begitu besar tapi efeknya sangat besar sekali.

Peregangan           

Tidak hanya wanita biasa saja, akan tetapi ibu hamil juga tetap harus menjaga flesibilitas tubuh sebab hal itu akan mampu membantu wanita hamil ketika proses melahirkan agar jalannya persalinan bisa lebih mudah dan lancar. Latihan-latihan peregangan ini merupakan olahraga yang terbilang simple bagi wanita hamil jadi latihan peregangan ini juga sangat cocok dan aman untuk wanita hamil. Selain bisa melancarkan proses persalinan, latihan peregangan juga bisa mengurangi rasa sakit pda rahim ketika masa persalinan.

Yoga

Senam yoga sudah banyak dikenal oleh setiap orang memiliki efek yang luar biasa, akan tetapi khusus bagi ibu hamil sebaiknya jika ingin melakukan senam yoga terlebih dahulu mengamil kelas yang mana nantinya akan dipandu langsung oleh instrukturnya. Dikhawatirkan jika iibu hamil tersebut melakukannya sendirian malah akan membahayakan kondisi janin dalam kandungannya.

Pilates

Jenis olahraga pilates ini tampaknya masih sangat asing bagi ibu hamil, padahal jenis olahraga yang satu ini gerakan-gerakannya tidak jauh berbeda dengan yoga dan senam kegel. Olahraga pilates ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil sebab senam ini memiliki manfaat yang banyak sekali bagi ibu hamil. Dengan senam pilates ini, maka otot wanita di seluuh bagian tubuh akan menjadi lebih kuat dan bisa mengurangi rasa sakit ketika persalinan.

Berenang

Kelihatannya tidak mungkin untuk dilakukan oleh ibu hamil, akan tetapi pada kenyataannya memang olahraga renang ini menjadi salah satu olahraga yang paling baik dan aman bagi ibu hamil. Sebab dengan berenang maka tekanan pada punggung akan menjadi lebih berkurang dan tidak mudah lelah untuk ke depannya.

Aerobik Ringan

Senam aerobic juga masuk ke dalam daftar olahraga yang paling baik dan aman bagi ibu hamil, senam aerobic memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung akan tetap bekerja secara stabil serta mampu meningkatkan oksigen di dalam darah. Dan manfaat terbesar bagi ibu hamil adalah senam aerobic ini mampu mencegah terjadinya ambeien atau wasir yang mana hal ini seringkali dialami oleh kebanyakan ibu-ibu hamil. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...