Efek Samping Ketumbar untuk Kesehatan

Efek Samping Ketumbar untuk Kesehatan

515
memuat...
Efek Samping Ketumbar
Efek Samping Ketumbar

Harianpost.co.id – Banyak dari kita yang sudah tahu apa itu ketumbar, ya ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang selam ini seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia. Selain menambah cita rasa masakan, ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang, salah satu contoh manfaatnya adalah ketumbar dikenal mampu mengobati peradangan pada kulit, mengobati diare, mengobati anemia, mengobati sariawan dan mengobati banyak penyakit lainnya. Banyaknya manfaat dari ketumbar bagi kesehatan tubuh itu tidak terlepas dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam ketumbar itu sendiri.

Akan tetapi tahukah kita bahwa ketumbar ternyata juga memiliki efek samping? Seperti apakah efek samping mengkonsumsi ketumbar? Berikut ini adalah beberapa efek samping ketumbar yang harus anda waspadai:

Sensitivitas cahaya matahari         

Dengan mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan makan akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih sensitive terhadap sinar atau cahaya matahari. Hal ini disebabkan karena kulit menjadi lebih rentan lagi terhadap sinar matahari bahkan mudah terserang kanker kulit dan juga penyakit kulit lainnya.

Menimbulkan Reaksi alergi

Ketumbar jika dikonsumsi secara berlebihan sudah jelas akan menimbulkan reaksi alergi dari tubuh kita. Jadi gunakanlah ketumbar secukupnya saja dan tidak perlu mengunakan ketumbar dengan jumlah terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsinya. Ketika anda ternyata memiliki alergi pada ketumbar dan anda mengkonsumsinya maka akan timbul masalah baru pada tubuh anda. Niat hati ingin mengobati penyakit dengan ketumbar justru malah menimbulkan masalah baru karena mengkonsumsi ketumbar. Jadi periksa terlebih dahulu apakah anda memiliki masalah alergi terhadap ketumbar atau tidak, jika tidak lanjutkan mengkonsumsinya tapi jika iya, hentikan.

Mual

Rasa mual juga menjadi salah satu efek samping mengkonsumsi ketumbar, jadi ketika anda saat ini sedang dalam masa-masa menjalankan program diet atau melakukan pengobatan terhadap penyakit tertentu dengan menggunakan ketumbar maka penting sekali untuk memperhatikan tentang efek-efek samping dari mengkonsumsi ketumbar yang anda rasakan. Biasanya, seseorang yang mengkonsumsi ketumbar akan muncul rasa mual yang teramat sangat, dan jika itu sudah anda rasakan maka sebaiknya hentikan penggunaan ketumbar tersebut.

Muntah

Hampir sama dengan mual, muntah juga menjadi efek samping mengkonsumsi  ketumbar. Mual dan muntah biasanya menjadi satu paket atau menjadi satu reaksi akibat mengkonsumsi ketumbar tersebut, sebab setelah mual biasanya akan diiringi dengan reaksi seperti muntah. Muntah adalah reaksi yang ditimbulkan setelah rasa mual itu mencapai puncaknya. Jadi bagi anda yang mungkin sekarang ini sedang menjalani pengobatan menggunakan ketumbar dan jika timbul reaksi mual, maka sebaiknya hentikan. Sebab jika anda teruskan maka rasa mual itu akan berubah menjadi muntah-muntah.

Anoreksia

Tahu apa itu Anoreksia? Anoreksia adalah salah satu gangguan makan yang mana biasanya selalu ditendai dengan gejala-gejala seperti penolakan makan atau muntah-muntah ketika ada sesuatu makanan yang masuk ke dalam lambung. Dan Anoreksia ini bisa disebabkan karena seseorang terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi ketumbar.

Anafilaksis

Anafilaksis adalah salah satu reaksi alergi berhati. Reaksi ini merupakan efek samping mengkonsumsi ketumbar yang paling mematikan jika kita tidak memperhatikan dosis dengan benar. Sebab Anafilaksis akan berujung pada kematian jika reaksi Anafilaksis ini tidak mendapatkan penanganan medis dengan segera. Meskipun kasus ini sangat jarang terjadi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan reaksi tersebut juga akan terjadi kibat terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi ketumbar. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...