Cara Jitu Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Dibuka

Cara Jitu Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Dibuka

199
memuat...
Flashdisk Tidak Bisa Dibuka
Flashdisk Tidak Bisa Dibuka

Harianpost.co.id – Bagi kalian para pengguna gadget atau perangkat kerasa seperti computer sepertinya sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, Flashdisk. Flashdisk sangat berguna sekali ketika kita sedang tidak membawa computer atau laptop untuk menyimpan data-data yang kita ingin simpan. Selai nbisa berguna sebagai alat untuk menyimpan data atau file, Flashdisk juga berguna sebagai alat transmisi data dari computer satu ke computer lainnya tanpa media konektor. Flashdisk menjadi alat yang sangat minimalis dan hingga sekarang ini semakin banyak orang yang meminatinya, sementara itu ukuran kapasitas dari Flashdisk juga berbeda-beda. Ada yang berkapasitas hanya 1GB, 2GB, 4GB atau bahkan hingga memiliki kapasitas mencapai 64GB.

Walaupun Flashdisk ini tergolong perangkat yang mudah sekali untuk digunakan dan simple, akan tetapi bukan berarti Flashdisk ini tidak pernah memiliki masalah. Justru banyak orang yang hingga saat ini memiliki banyak masalah dengan Flashdisk mereka masing-masing. Mungkin salah satunya adalah kalian sendiri yang juga pernah mengalami masalah dengan Flashdisk. Salah satu masalah yang sering dialami seseorang dengan Flashdisk mereka adalah Flashdisk tidak bisa dibuka ketika disambungkan ke computer.

Selain panic, tentu masalah ini akan membuat pekerjaan kalian terhenti dan terganggu karena data-data penting di dalam Flashdisk tidak bisa kalian buka ketika kalian menginginkannya. Apa sebab Flashdisk tidak bisa dibuka? Banyak sekali faktor penyebabnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kemungkinan flashdisk yang kalian gunakan itu mengalami kerusakan.
  2. Mungkin juga port USB kalian yang mengalami masalah atau rusak.
  3. Penyebab lainnya adanya kerusakan pada windows kalian sehingga settingan BIOS tidak dapat tersambung sebagaimana mestinya dan tidak dapat membaca Flashdisk.
  4. Atau bisa saja driver mengalami masalah sehingga flashdisk kalian tidak bisa terbaca.

Itulah beberap penyebab Flashdisk tidak bisa terbaca di computer, jadi bisa dipastikan salah satu dari keempat poin diatas adalah biang keladi Flashdisk kalian tidak terbaca oleh computer. Bagaimana mengatasinya? Gampang, simak baik-baik langkah-langkah untuk mengatasi Flashdisk tidak bisa dibuka di bawah ini: (dikutip dari perangkatkeras.net)

  1. Cobalah menggunakan port USB lain untuk mengecek apakah port atau flashdisknya yang mengalami kerusakan.
  2. Lihat pada setingan BIOS di komputer kamu apakah disable atau sudah enable, yang mungkin terjadi secara otomatis jika motherboard mengalami kerusakan atau sudah lemah.
  3. Ceklah di device manager melalui langkah-langkah sebagai berikut :
  • klik start pada menu taskbar lalu pilih setting dan control panel.
  • Klik icon system lalu klik tab hardware ketika jendela system properties terbuka.

Setelah itu kalian bisa menuju device menager lalu kalian cek pada bagian universal serial bus controlles. Apabila saat itu muncul  silang merah maka itu artinya belum terhubung, jadi pilihlah enable, jika ternyata muncul tKalian Tanya itu artinya masih ada driver yang tidak dikenal atau bermasalah. Kemungkinan besar kalian diminta untuk menginstal ulang driver USB.

  1. Selain melakukan pengecekan pada device manager Kalian juga bisa melakukan pengecekkan pada register dengan cara klik menu start lalu run. Kalian akan menerima kotak kosong berwarna hitam, ketiklah regedit lalu tekan tombol enter pada keyboard Kalian.

Menujulah pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\. Pastikan value wordsnya memiliki nilai 3 yang berarti enable namun bila tidak bernilai angka tersebut maka gantilah dengan angka tersebut kemudian close dan restart komputer Kalian.

  1. Cobalah update antivirus Kalian karena mungkin saja flashdisk Kalian terjangkit virus sehingga tidak terbaca komputer. Oleh karenanya Kalian perlu membersihkan virus yang berada pada komputer Kalian dengan anti-virus yang telah terupdate. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...