KamuHarusTau: Wanita Belanda Ini Bela Dan Dukung Kemerdekaan Indonesia

KamuHarusTau: Wanita Belanda Ini Bela Dan Dukung Kemerdekaan Indonesia

170
memuat...
HUT RI, dirgahayu indonesia, Dolly Zegerius
HUT RI, dirgahayu indonesia, Dolly Zegerius

Harianpost.co.id – Belanda sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, sebab Negara kincir angin tersebut memang menjadi bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia ketika berjuang menuju kemerdekaan. Belanda menjadi salah satu Negara penjajah bangsa Indonesia pada saat itu. Namun demikian, tidak semua orang Belanda memiliki niat untuk terus menjajah Negara Indonesia, justru sebaliknya, sebagian orang Belanda lebih memilih untuk mendukung kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah seorang wanita yang bernama Dolly Zegerius.

Dolly Zegerius adalah wanita Belanda yang menikah dengan orang Indonesia bernama Soetardjo Soejosoemarno (susah bro nulis namanya). Wanita tersebut datang ke Indonesia dengan menggunakan kapal uap Weltervreden dari pelabuhan Rotterdam pada tahun 1946 silam. Dia tidak sendirian, dia bersama dengan 300 orang Indonesia datang menuju Jakarta.

Dolly Zegerius akhirnya menikah dengan seorang pria yang masih memiliki keturunan dari Pura Mangkunegaran, Surakarta. Ada alasan tersendiri yang membuatnya memilih berpihak kepada Indonesia pada saat itu. Dolly Zegerius merasa sangat yakin bahwa Indonesia berada dalam posisi yang benar, hal itu didasari atas sejajah Belanda yang juga pernah dijajah oleh Jerman selama beberapa tahun.

HUT RI, dirgahayu indonesia, Dolly Zegerius
HUT RI, dirgahayu indonesia, Dolly Zegerius

Dolly Zegerius ternyata tidak sendirian, ia juga memiliki teman wanita dari Belanda yang memiliki pemahaman yang sama dengan dirinya, namanya adalah Besty, Annie dan Miny yang berasal dari keluarga Kobus. Keluarga Kobus ini memang dikenal sebagai para pejuang gerakan sosialis. Bahkan keluarga kobus ini begitu lantang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Dolly Zegerius akhirnya ikut ke Indonesia dan ingin membela serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hingga sekarang dia memilih dan menjadikan Negara Indonesia sebagai tanah air tercintanya. Dolly Zegerius beserta teman-temannya ternyata menemukan tambatan harti masing-masing yang berasal dari Indonesia. Mereka semua sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama-sama untuk mendengarkan musik-musik keroncong. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...