Rekomendasi Destinasi Wisata Air Terjun di Bondowoso yang Harus Dikunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata Air Terjun di Bondowoso yang Harus Dikunjungi

203
memuat...

Harianpost.co.id Bondowoso merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang memiliki kondisi geografis berupa pegunungan, perbukitan dan dataran rendah. Oleh karena itu, taidak heran jika Bondowoso memiliki beberapa tempat destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi mulai dari telaga, kawah, gunung dan juga air terjun.

Jika anda adalah salah satu orang yang memiliki jiwa petualang dan suka dengan trekking, berkunjung di beberapa air terjun yang ada di Bondowoso berikut ini tampak bisa menjadi rekomendasi.

Berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut dan terletak di desa Andongsari, Kecamatan Pakem atau sekitar 25 km sebelah barat kota Bondowoso, wana wisata air terjun ini sangat patut untuk dikunjungi karena panorama keindahan alamnya yang sangat menawan. Tak hanya itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat pusat penelitian kopi arabika dan kakao yang mencapai luas hingga 180 ha.

Air terjun ini baru dikembangkan dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya pada tahun 2003 silam. Terletak di desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin atau 40 km dari pusat kota Bondowoso, air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan dilengkapi sebuah lembah hijau yang tidak terlalu luas dan semakin menambah keindahan panorama alami khas lingkungan ari terjun. Sebagai informasi, untuk menuju ke air tejrun ini pengunjung harus berjalan kaki dan juga harus melapor ke kantor camat setempat atau pos terdekat.

Terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol atau kurang lebih 52 km dari pusat kota Bondowoso, air terjun Blawan ini adalah sebuah air terjun yang merupakan hilir dari kali pahit rembesan dari Kawah Ijen, sehingga banyak mengandung belerang. Air terjun ini bermuara langsung menuju ketanah dan berakhir di daerah Asembagus, Situbondo. Di sekitar kawasan air tejun ini banyak tumbuh tanaman macadamia dan juga tedapat sebuah pemandian air panas.

Komentar

Loading...