Tahukah Kamu? Inilah Kisah Inspirasi Siswi SD Dengan Satu Kaki

Tahukah Kamu? Inilah Kisah Inspirasi Siswi SD Dengan Satu Kaki

1277
memuat...
Hamidah
Hamidah

Harianpost.co.id– Di negara tetangga Malaysia terdapat sebuah tempat yang bisa dibilang sebagai tempat istimewa bagi anak-anak TKI. Tempat tersebut bertempat di Dusun Sei Limau, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, di dusun itu telah berdiri sebuah sekolah Madrasah bernama Madrasah Ibtidaiyah Darul Furqan.

Dikatakan tempat istimewa sebab di sekolah tersebut anak-anak TKI bisa merasakan pendidikan seperti layaknya anak yang seumuran dengan mereka. Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Furqan itu juga sering disebut sebagai sekolah tapal batas, dan kondisinya sekarang jauh lebih baik ketimbang kondisinya yang dahulu, dan sekarang tempatnya juga sudah berpindah ke tempat yang baru.

Hamidah
Hamidah

Di sekolah inilah terdapat seorang siswi yang merasakan keberkahan dari berdirinya sekolah tapal batas tersebut, nama siswi itu adalah Hamidah. Siswi yang berasal dari Sulawesi Selatan, Pinrang yang harus berjuang hidup hanya dengan satu kaki saja. Kondisi fisik seperti itu akibat kecelakaan ketika Hamidah masih kecil yang mengharuskan salah satu kaki Hamidah harus diamputasi. Namun demikan, meskipun ia harus berjalan menggunakan tongkat, tidak sedikitpun mengurangi semangat Hamidah untuk tetap bersekolah mengikuti pelajaran.

Setiap hari Hamidah harus berjalan melewati jalanan rusak dan berbukit untuk bisa sampai di sekolah, Hamidah tidak sendirian sebab dia selalu ditemani olleh ibunya. Jarak rumah dengan sekolahnya sekitar 4 km, dan Hamidah perlu waktu sekitar 2 jam untuk menempuhnya. Itu artinya, dengan kondisi hanya satu kaki Hamidah selalu menempuh jarak minimal 8 km.

Akan tetapi saat ini Hamidah bersyukur sebab pendiri sekolah tapal batas, Suraidah, meminta Hamidah untuk tinggal di pondok madrasah secara gratis, jadi Hamidah tidak perlu lagi setiap hari berjalan jauh, dia hanya perlu pulang ke rumah setiap satu bulan sekali.

Hamidah
Hamidah

“Senang bisa sekolah di sini. Banyak teman dan saya sekarang bisa mengaji,” Hamidah ketika diwawancarai. Yang membuat Hamidah patut untuk diacungi jempol adalah walaupun kondisi fisiknya berbeda dengan teman-temannya, akan tetapi dia tidak pernah sungkan atau minder untuk bergaul dengan temang-temannya. Dan yang lebih mengharukan lagi adalah sama sekali tidak pernah ada kasus bully terjadi pada diri Hamidah, semua orang-orang di sekitarnya tetap menyayangi Hamidah.

Hamidah merupakan salah satu dari ratusan anak-anak Malaysia yang mempunyai semangat belajar tinggi dengan segala keterbatasannya. Hamidah mampu menepis anggapan bahwa orang yang tidak memiliki fisik sempurna tetap bisa melakukan sesuatu seperti layaknya manusia dengan fisik yang normal. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...