Nyeri Perut Setelah Haid – Penyebab dan Cara Mengatasi

Nyeri Perut Setelah Haid – Penyebab dan Cara Mengatasi

254
memuat...
Nyeri Perut setelah Haid
Nyeri Perut setelah Haid

Harianpost.co.id – Bagi sebagian wanita terkadang beberapa hari sebelum mereka mengalami masa haid akan terlebih dahulu merasakan nyeri pada perut, hal ini memang sebagai salah satu tanda-tanda haid. Terkadang rasa nyeri tersebut juga datang tepat ketika pertama kali haid. Akan tetapi pada beberapa kasus ada juga yang mengalami rasa nyeri perut setelah haid, padahak pada umunya rasa nyeri pada perut itu justru datang di awal-awal haid. Apakah hal tersebut normal? Jika memang seorang wanita mengalami hal semacam ini padahal pada umumnya nyeri pada perut terjadi di awal haid, maka itu artinya ada sesuatu yang tidak beres.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seorang wanita mengalami rasa nyeri pada perut setelah haid. Berikut ini adalah penyebab rasa nyeri perut setelah haid yang perlu anda ketahui:

Batu Kandung Kemih

Bagi wanita yang masih berusia remaja hingga dewasa kemungkinan sangat kecil sekali mengalami rasa nyeri pada perut akibat batu kandung kemih sebab biasanya badtu kandung kemih ini sering dialami oleh mereka yang sudah berusia 40 keatas.

Cara mengatasi: perbanyak minum air putih adalah solusi terbaiknya. Akan tetapi mengkonsultasikannya ke dokter juga baik sebab dari sana kita akan diberikan suntikan antibiotic.

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal ini disebabkan karena perpindahan bakteri menuju ke ginjal yang sebenarnya berasal dari kandung kemih tadi. Ketika perpindahan bakteri itulah terjadi reaksi rasa nyeri pada perut setelah haid. Kondisi inipun akan terasa sangat tidak nyaman sekali.

Cara mengatasi: Berikan antibiotic oral dan juga iabat-obatan pereda rasa nyeri dari dokter. Ketika di rumah, ada baiknya anda perbanyak minum air putih dengam maksud agar bakteri cepat keluar bersama dengan urine.

Infeksi Saluran Kemih

Ketika terjadi infeksi pada saluran kemih maka besar kemungkinan hal ini akan menjadi penyebab terjadinya rasa nyeri pada perut setelah haid. Sebenarnya hal ini tidak hanya dialami oleh wanita saja, akan tetapi wanita lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih sebab saluran uretanya lebih pendek.

Cara mengatasi: Untuk mengobati infeksi saluran kemih ini pengobatan paling umum adalah dengan memberikan obat-obatan antibiotic sesuai dengan resep dokter.

Gonore atau kencing nanah

Ketika anda mengalami rasa nyeri pada perut setelah haid bisa jadi itu akan mengarah pada kondisi gonore atau kencing nanah. Ini adalah salah satu penyakit seksual menular yang sering dialami oleh wanita dan pria yang punya kebiasaan seks bebas.

Cara mengatasi: satu-satunya cara jika kita sudah terkena penyakit kencing nanah adalah dengan memberikan suntikan antibiotic. Setelah pengobatan, biasanya gonore akan perlahan membaik dan kembali normal.

Sifilis

Penyakit sifilis ini hampir mirip dengan gonore dan masih termasuk ke dalam penyakit seksual yang kemungkinan besar bisa menjadi penyebab terjadinya rasa nyeri pada perut setelah haid. Infeksi ini hanya bisa menyebar lewat hubungan seksual.

Cara mengatasi: Jika meman gbenar rasa nyeri pada perut setelah haid ini terjadi karena sifilis maka tetap harus diberikan suntikan antibiotic. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...