Danau Ampar Bangka, Wisata Bekas Tambang Yang Mempesona

Danau Ampar Bangka, Wisata Bekas Tambang Yang Mempesona

359
memuat...
Danau Ampar Bangka
Danau Ampar Bangka

Harianpost.co.id – Entah mengapa belakangan ini begitu banyak muncul wisata-wisata baru yang sebelumnya tidak pernah terjadi. Ini merupakan fenomena tersendiri bagi kita. Betapa tidak, hampir di setiap titik wilayah yang ada di Indonesia ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Dan kali ini kita akan mencoba untuk sejenak melupakan wisata pantai, wisata air terjun atau wisata pegunungan. Kita menuju ke bekas tambang.

Bekas tambang? Yap, jika Madura mempunyai bukit jaddih dan arosbaya yang dulunya juga merupakan tempat untuk penambangan kapur akan tetapi sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Dan siapa sangka bahwa Bangka juga mempunyai jenis tempat wisata yang sama dan tak kalah indahnya dengan yang ada di Madura. nama tempat tersebut adalah danau ampar Bangka.

Bukit-bukit Merah yang Indah

Biasanya kita sering mendengar kata bukit selalu bergandengan dengan warna hijau yang mana hal itu sudah menjadi satu perpaduan keindahan dari perbukitan. Akan tetapi kali ini berbeda, Bangka mempersembahkan perbukitan yang sedikit berbeda akan tetapi tetap saja indah. Bukit-bukit kecil yang terdapat di danau ampar ini terlihat sangat indah dengan warna merahnya, itulah mengapa tempat wisata ini dinamakan sebagai Redhill atau danau ampar. Lokasinya berada di daerah riding panjang kabupaten Bangka. Tanah di tempat ini sangat tandus sekali bahkan sebagian besar sudah pecah-pecah, akan tetapi entah mengapa ternyata disitu juga menyimpan nilai keindahan tersendiri.

Danau Ampar Bangka
Danau Ampar Bangka

Perairannya tampak biru dan semakin sempurna

Perbukitan berwarna merah ternyata bukanlah satu-satunya pesona yang ditawarkan di Redhill atau danau ampar, di tengah-tengah destinasi wisata tersebut terdapat sebuah danau yang memiliki perairan yang sangat biru, benar-benar perpaduan yang sangat sempurna dengan perbukitan merah danau ampar. Terlebih lagi jika kalian datang ke danau ampar ini ketika pagi hari, warna sinar matahari benar-benar tampak sangat cantik sekali dipadu dengan kecantikan danaunya serta warna perbukitan merah danau ampar atau redhill. Warna airnya yang biru benar-benar membuat kalian akan tergiur untuk langsung menceburkan diri ke dalamnya. Akan tetapi kalian harus berhari-hari sebab air di tempat ini belum tentu aman untuk kulit kalian.

Danau Ampar Bangka
Danau Ampar Bangka

Tempat ini murni Terbentuk dari Tambang Timah

Sama halnya dengan bukkit jaddih dan bukit arosbaya, danau mapar ini juga dibentuk secara alami dari pertambangan yang sudah terbengkalai. Sebab Bangka memang terkenal sebagai pulau yang kaya dengan timahnya. Nah danau ampar ini sendiri merupakan salah satu dari banyaknya lubang besar yang diakibatkan oleh maraknya penambangan timah di Bangka. Warna air di danau ampar ini dulunya sangat coklat dan keruh sekali, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan tidak ada sesuatu yang menyentuhnya membuat airnya tampak sangat cantik sekali dan berwarna biru kehijauan. Dari pusat kota Bangka kalian hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk bisa mencapai lokasi danau ampar. Lebih enaknya lagi akses jalannya sendiri sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...