Kutu Air di Tangan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kutu Air di Tangan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

285
memuat...
Kutu Air di Tangan
Kutu Air di Tangan

Harianpost.co.id – Kutu air merupakan salah satu penyakit menular yang mana penularan kutu air itu disebabkan oleh jamur. Sementara itu jamur yang menyebabkan timbulnya kutu air tersebut adalah Richophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Sejauh yang kita tahu, kutu air sering terjadi pada tubuh bagian kaki atau sering disebut dengan kutu air kaki. Akan tetapi sebenarnya kutu air in ibis ajuga terjadi pada bagian telapak tangan kita, bahkan bisa juga menyerang paha, kulti kepala. Intinya, kutu air, seringkali menyerang bagian-bagian tubuh yang lembab.

Ketika kutu air di tangan tidak mendapatkan penanganan atau pengobatan dengan baik, maka kutu air tersebut biasanya akan menular ke bagian-bagian tubuh yang lain bahkan bisa juga sampai ke punggung.

Berikut ini adalah gejala-gejala kutu air tangan yang perlu anda waspadai:

  • Kulit berwarna kemerahan dan terasa sangat gatal
  • Bagian yang kemerahan akan terasa nyeri dan panas dan bertambah apabila terkena air
  • Kulit telapak tangan akan tampak retak-retak
  • Kuku mengalami penebalan dan berubah warna
  • Kulit tangan kering, bersisik dan mengelupas (baca : Penyebab Kulit Jari Mengelupas)
  • Terkadang kulit bagian telapak tangan dan dekat kuku melepuh bahkan mengeluarkan nanah
  • Terjadi pembengkakan kulit, yang bisa menimbulkan borok

Dari berbagai kasus yang terjadi, penyakit kutu air di tangan meskipun merupakan penyakit yang menular akan tetapi penyakit tidak tergolong ke dalam penyakit-penyakit berbahaya. Tapi jelas bahwa kutu air di tangan ini nanti akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Oleh sebab itulah penyakit kutu air di tangan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja sebelum menular ke bagian-bagian tubuh yang lainnya. Namun sebelum kita mengatasi kutu air di tangan, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu beberapa penyebab kutu air di tangan. Hal itu dimaksudkan agar kita bisa lebih mudah mencegah terjadinya kutu air di tangan suatu hari nanti.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kutu air di tangan:

Kontak Kulit

Biasanya, seseorang akan mengalami kutu air di tangan ini setelah mereka mengalami kutu air di kaki, ini disebabkan karena kutu air merupakan salah satu penyakit yang bisa menular dengan sangat cepat sekali. Munculnya kutu air di tangan bisa terjadi ketika seseorang hendak mengobati kutu air di kaki yang kemudian tangan yang kita gunakan untuk mengobati tersebut tidak sadar telah tertular oleh jamur yang menempel pada sela-sela kaki. Atau bisa juga ketika seseorang berjabat tangan dengan orang lain yang menderita kutu air di tangan.

Kontak dengan Hewan

Jika anda termasuk penyayang binatang dan memiliki hewan peliharaan di rumah, besar kemungkinan anda juga akan mengalami kutu air di tangan jika kondisi hewan tersebut dalam keadaan kotor dan kita menyentuhnya.

Kontak langsung dengan Tanah

Tanah merupakan tempat terbaik baik pertumbuhan berbagai macam jenis jamur termasuk jamur-jamur yang bisa menimbulkan kutu air di tangan. Dan ketika kita melakukan kontak langsung dengan tanah maka resiko mengalami kutu air di tangan juga akan semakin besar terlebih lagi jika kondisi tanah tersebut lembab dan kotor.

Pemakaian Bersama Barang-barang Milik Pribadi

Menggunakan barang pribadi milik orang lain juga bisa menjadi penyebab terjadinya kutu air baik itu kutu air di kaki atau kutu air di tangan. Sebab jamur bisa berpindah dengan mudah dari benda satu ke benda lainnya termasuk tangan yang memegang benda-benda yang terdapat jamur-jamur jahat penyebab kutu air. Jadi berhati-hatilah ketika menggunakan barang-barang pribadi milik orang lain.

Kulit Tangan yang sering Lembab

Jamur sangat menyukai tempat-tempat yang lembab termasuk kulit tangan yang lembab. Jadi, kondisi tangan yang sering lembab atau sering berkeringat itu akan sangat memudahkan jamur penyebab kutu air lebih mudah untuk berkembang dan menginfeksi kulit kita.

Cara Mengatasi kutu air di tangan

Dari kebanyakan kasus penyakit kutu air di tangan, apapun penyebab kutu air tersebut bisa kita obati dengan banyak cara, dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kutu air di tangan yang bisa anda pilih salah satu diantaranya:

  1. Menggunakan Obat Anti Jamur atau Anti Fungi
  2. Menggunakan Tablet Anti Jamur
  3. Menggunakan Obat Anti Radang
  4. Menggunakan Povidene Iodine
  5. Merendam Tangan
  6. Menggunakan Obat Alami (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...