Tahukah Kamu? Kota Terlarang Ini Tak Roboh Diguncang Gempa 10 SR!

Tahukah Kamu? Kota Terlarang Ini Tak Roboh Diguncang Gempa 10 SR!

218
memuat...
Kota Terlarang
Kota Terlarang

Harianpost.co.id – Di Negara Cina adalah sebuah kota yang dinamakan Kota terlarang, kota tersebut di bangun sejak awal abad ke 14. Di dalam kota tersebut telah berdiri ratusan gedung dan tercatat sudah lebih dari 200 kali diguncang gempa berkekuatan besar namun sama sekali tidak mengalami kerusakan berarti. Bahkan gempa pada tahun 2008 yang memiliki kekuatan 7,9SR itupun sama sekali tidak berdampak apa-apa pada bangunan-bangunan di kota terlarang.

Bagaimana bisa? Padahal kita tahu bahwa gedung-gedung di kota terlarang tersebut sudah berdiri sejak 600 tahun lalu.

Akibat dari kejadian ajaib itu, para ahli erla berkumpul dan mencari rahasia di balik kokohnya bangunan-bangunan kota terlarang tersebut. Selain ingin meneliti rahasia di balik kuatnya kota terlarang, mereka juga ingin melakukan uji coba seberapa kuat bangunan-bangunan di kota terlarang dengan memberikan gempa buatan, gempa seperti apa yang bisa meruntuhkan gedung di kota terlarang tersebut.

Kota Terlarang
Kota Terlarang

Jadilah mereka mempunyai inisiatif untuk membangun gedung-gedung replica yang dibuat persis seperti dari mulai cara membangunnya hingga desainnya. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal mereka juga menggunakan bahan serta alat tradisional. Tak hanya bahan dan alatnya, tukang yang mengerjakannya juga didatangkan khusus dari tukang tradisional untuk membuat bangunan persis seperti gedung-gedung di kota terlarang.

Kota Terlarang
Kota Terlarang

Bangunan replica gedung tersebut dibuat diatas meja goyang besar yang dimaksudkan untuk membuat stimulasi gempa nantinya. Setelah gedung replica tersebut jadi, para peneliti tersebut mencoba untuk menggoyangkan bangunan tersebut dengan kekuatan gempa sekitar 9,5 SR, kekuatan gempa ini merupakan kekuatan gempa paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah manusia. Dan gedung tersebut tetap utuh!

Lebih kuat lagi para peneliti tersebut menaikkan kekuatan gempa hingga 10,1 SR, dengan kekuatan seperti itu hanya menghasilkan beberapa beton runtuh akan tetapi tidak bisa menggoyahkan rangka bangunan.

Apa rahasianya? Struktur bangunan China kuno tersebut menggunakan siku yang berlapis-lapis. Itulah yang menjadi inti kekuatan dari bangunan-bangunan gedung di kota terlarang. Satu-satunya kunci kekuatan memang ada pada siku-siku tersebut yang menyangga dinding dan atapnya. Dengan system siku yang berlapis-lapis tersebut kayu penyangga rumah akan tetap bisa menopang atap sebab sudah terkunci dengan kuat. Wah, hebat ya guys. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...