Pengertian Data Center – Fungsi, Komponen dan Konsep

Pengertian Data Center – Fungsi, Komponen dan Konsep

164
memuat...
Data Center
Data Center

Harianpost.co.id – Dikutip dari Wikipedia bahwa pengertian data center adalah sebuah ruangan yang sudah dirancang dan didesain sedemikian rupa guna menempatkan sebuah server computer serta seluruh perangkat jaringan computer yang sudah terhubung ke jaringan internet. Lebih ringkasnya lagi, pengertian data center itu juga bisa kita sebut sebagai ruangan yang dijadikan sebagai pusat data.

Ruang yang digunakan sebagai tempat untuk data center sendiri juga harus memenuhi syarat atau criteria tertentu agar tetap aman dan jaringannya tetap stabil dari gangguan, baik itu gangguan secara fisik maupun gangguan secara virtual. Dengan begitu semua data-data yang ditempatkan pada server data center dapat di akses dengan mudah dan bisa cepat di akses oleh penggunanya.

Karena adanya persyaratan tertentu dari pembangunan ruangan data center tersebut maka sangat penting untuk menghadirkan seorang konsultan data center yang sudah memiliki  banyak pengalaman dalam hal membangun ruangan data center.

Salah satu contoh perusahaan penyedia data center terbaik dan berpengalaman baik itu di kancah nasional maupun internasional adalah nexdatacenter.com. Segala macam kebutuhan tentang pembangunan data center akan mereka bantu dengan maksimal, dengan keramahan dan tentu saja dengan kinerja yang sangat professional sekali.

Nexdatacenter.com sudah tentu akan tahu bagaimana cara membangun ruangan data center yang memenuhi standar persyaratan internasional seperti contohnya google dan facebook. Kita tahu bahwa kedua perusahaan besar tersebut memiliki data center sendiri untuk melakukan aktivitas usaha mereka sehari-hari, dan sudah jelas bahwa data center yang dibutuhkan oleh perusahaan besar macam google serta facebook termasuk dalam data center raksasa dengan lluas ruangan yang mencapai puluhan ribu meter. Sedangkan Nexdatacenter.com sudah terbiasa dengan data center sebesar itu.

Cara kerja dan fungsi data center

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya apa sih fungsi dari data center dan seberapa pentingkah pembangunan data center itu? Jika kalian bertanya seperti itu tentu saja jawabannya bahwa data center itu merupakan salah satu komponen penting dalam teknologi informasi. Fungsi data center sendiri adalah untuk menyimpan segala informasi penting dari sebuah website agar website tersebut kinerjanya tidak terlalu berat ketika di akses.

Sementara itu, cara kerja data center juga sangat bergantung pada setiap komponen yang dimilikinya. Sedikit pengetahuan saja bahwa data center itu dibuat dari beberapa perangkat computer yang fungsinya sudah dijelaskan di paragraph sebelumnya. Selain untuk menyimpan informasi, fungsi dari data center yang lain adalah untuk mengumpulkan data, memproses data dan masih banyak lagi fungsi-fungsi yang lainnya.

Komponen data center

Di atas tadi sudah sedikit disinggung bahwa data center adalah rangkaian atau sebuah computer yang telah dihubungkan dengan perangkat lainnya. Perangkat lain itulah yang nantinya wajib dimiliki oleh data center. Lebih detailnya, berikut ini adalah beberapa komponen data center:

  • Server dan juga rak
  • Jaringan
  • Sumber energi
  • Pendingin perkakas
  • Keamanan
  • Ruangan khusus
  • Prosedur dan juga aturan

Beberapa komponen diatas itu merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh data center guna menunjang kelancaran operasionalnya. Satupun tidak boleh ketinggalan sebab data center nantinya akan bekerja selama 24 jam nonstop.

Konsep Membangun Data Center

Konsep Data Center
Konsep Data Center

Faktor penting lain dalam pembangunan data center adalah menentukan konsep data center yang meliputi tata letak serta desain dari ruangan data center yang akan digunakan, kembali lagi pada Nexdatacenter.com yang mana mereka sudah sangat ahli dalam bidang tersebut. Mengapa? Sebab para kontraktor data center minimal harus mengetahui konsep perancangan yang sesuai dengan syarat pembangunan data center.

Tidak boleh asal-asalan, pembangunan data center tidak hanya mempertimbangkan luas ruangan yang akan digunakan sebagai data center. Masih banyak hal yang harus diperhatikan dan dimengerti dengan baik. Untuk menentukan konsep data center, minimal anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Penentuan Lokasi Data Center
  • Design dan Arsitektur Gedung/Ruang Data Center
  • Luas Ruangan Data Center
  • Pengukuran Kebutuhan Pasokan Listrik
  • Sistem Distribusi Listrik
  • Sistem Pengaturan Suhu dan Kelembaban Udara
  • Penggunaan Lantai Anti Statis (Raised Access Floor)
  • Pemilihan Jenis Rack Server
  • Pengaturan Kabel
  • Sistem Pencegahan dan Penanganan Kebakaran
  • Sistem Keamanan Didalam dan Luar Lingkungan Data Center

Dengan memahami konsep data center, maka kita akan lebih mudah untuk membangun sbuah data center tanpa mengalami halangan berarti, selain itu penempatan yang tepat dari perangkat-perangkat yang akan digunakan sebagai data center nantinya juga bisa bekerja dengan sangat baik tanpa mengalami masalah-masalah yang serius. Kita mungkin bisa membayangkan seberapa besar data center yang dimiliki oleh google dan facebook yang mana setiap detik harus bekerja malayani hampir seluruh peduduk bumi yang sudah memiliki jaringan internet. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...