Ciri-Ciri Harddisk Rusak Pada Laptop Atau PC

Ciri-Ciri Harddisk Rusak Pada Laptop Atau PC

1161
memuat...
Ciri-ciri Harddisk Rusak
Ciri-ciri Harddisk Rusak

Harianpost.co.id – Kita tentu juga sudah bisa merasakan dan menyadari bahwa computer dan laptop di jaman yang serba teknologi ini sepertinya sudah bukan lagi termasuk ke dalam kebutuhan sekunder akan tetapi bisa masuk pada kebutuhan primer. Bagaimana tidak, hampir semua orang di jaman modern ini selalu membutuhkan perangkat keras yang bernama computer atau laptop. Fungsi computer atau laptop yang sudah bisa berperan sebagai asisten pribadi seseorang menjadikan kebutuhan akan computer atau laptop semakin meningkat.

Akan tetapi tingginya tingkat kebutuhan akan computer dan laptop ini tidak diimbangi dengan cara menggunakan computer atau laptop yang benar sehingga banyak sekali kasus computer atau laptop yang rusak akibat penggunaannya yang terlalu ceoboh. Sementara itu kasus kerusakan computer atau laptop yang sering terjadi adalah hard disk rusak meskipun computer atau laptop tersebut masih dalam kondisi baru. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan akan teknologi termasuk dalam hal merawat hard disk agar tidak cepat rusak.

Hard disk computer atau laptop rusak ini terbagi menjadi dua jenis kerusakan, bisa kerusakan fisik dan juga bisa mengalami kerusakan pada sistemnya seperti misalnya terjadinya bad sector, corrupt dan lain sebagainya. Hard disk yang berfungsi untuk menyimpan data itu memang sangat rawan sekali mengalami kerusakan, oleh karena itu butuh pengetahuan khusus bagaimana cara merawat Hard disk yang baik agar tidak cepat rusak, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali kasus Hard disk rusak. Biasanya, kita tidak menyadari bahwa Hard disk yang kita gunakan itu sudah mulai menunjukkan indikasi kerusakan tapi kita mengabaikannya karena tidak tahu gejala kerusakan Hard disk itu seperti apa dan bagaimana. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang ciri-ciri Hard disk rusak yang perlu kalian waspadai sebelum terlambat.

Ciri-ciri Hard disk rusak: (dikutip dari perangkatkeras.net)

  • Suara yang dihasilkan hardisk merupakan suara normal atau tidak normal, tentunya anda perlu memeriksanya terlebih dahulu.
  • Hardisk yang memiliki suara normal bercirikan ketika komputer anda dinyalakan maka akan terdengar suara dari spin pirng hardisk komputer anda. Anda juga dapat mendengar suara klik yang keras ketika memasuki save mode hardisk serta bunyi yang tak beraturan seperti tek tek tek kemudian berhenti untuk beberapa waktu lalu berbunyi kembali.
  • Kenali suara yang tidak normal dari hard drive komputer anda dimana memiliki cirri-ciri seperti terdengar suara yang sangat tinggi dari hard drive anda dan membuat komputer anda berhenti bekerja atau macet ketika membuka program atau saat anda gunakan. Terdengar bunyi berulang yang sering terjadi walau komputer anda sedang dalam keadaan reboot. Hardisk anda berdengung atau bergetar akibat adanya kerusakan pada spin piring hardisk.
  • Hardisk yang rusak juga akan memunculkan masalah pada komputer anda seperti sering hang atau macet ketika sedang menjalankan program
  • Anda mungkin juga merasakan komputer anda berbeda seperti biasanya seperti sangat lamban dalam memenuhi perintah yang anda terapkan.
  • Ketika timbul kerusakan juga akan mengakibatkan crash pada system dan freeze
  • Bila dibiarkan semakin parah maka kerusakan ini juga mengakibatkan hardisk tidak dapat dideteksi atau terbaca bios
  • Anda juga mungkin dapat menemukan pesan bertuliskan status bad, back up anda replace, hardisk S.M.A.R.T yang menandakan ada yang tidak beres dengan hardisk anda maka dari itu anda juga harus berhati-hati untuk data yang anda simpan dikomputer bila menemukan pesan ini. Ada baiknya segera lakukan back up agar tidak hilang dikemudian harinya.
  • Bila komputer anda dinyalakan anda juga dapat menemukan blue screen of the death yang juga cirri-ciri adanya kerusakan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...