Daftar Pantai Terindah Di Banyuwangi, Tak Cukup Sehari Untuk Menjelajahi

Daftar Pantai Terindah Di Banyuwangi, Tak Cukup Sehari Untuk Menjelajahi

235
memuat...
Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Harianpost.co.id – Sulit dipungkiri jika Jawa Timur memang memiliki banyak tempat wisata mengagumkan, bahkan bisa dikatakan bahwa jawa timur menjadi pusatnya tempat wisata di pulau jawa, salah satunya adalah Banyuwangi. Di kota Banyuwangi ini sudah ada sederet pantai-pantai dengan panorama yang eksotis banget yang keberadaannya masih lumayan tersembunyi dan hanya sebagian wisatawan saja yang mengetahuinya hingga saat ini. Selain bisa menikmati sunset, beberapa pantainya juga bisa digunakan untuk aktivitas surfing. Berikut ini adalah Daftar Pantai Terindah Di Banyuwangi, Tak Cukup Sehari Untuk Menjelajahi.

Pantai Bangsring, Jadi Indah karena ada Inisiatif dari Nelayan

Pantai Bangsring
Pantai Bangsring

Dulu terumbu karang yang ada di pantai bangsring ini sudah hancur dan rusak parah, saking parahnya bahkan diprediksi tidak akan bisa dihidupi terumbu karang lagi. Akan tetapi berkat kegigihan kelompok nelayan yang prihatin melihat kondisi seperti itu mereka memutuskan untuk melakukan transplantasi karang. Butuh waktu sekitar 10 tahun untuk mengembalikan keindahan terumbu karang di pantai bangsring ini. Dan karena jerih payah kelompok nelayan itulah mereka akhirnya mendapatkan penghargaan kalpatru.

Pantai Pulau Merah, Pesona di Banyuwangi Selatan

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Karena berbatasan dengan pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar, membuat pantai pulau merah ini juga memiliki ombak yang besar. Karena itulah pantai pulau merah ini sering dijadikan sebagai tempat untuk beraksi diatas papan surfing oleh wisatawan. Pantai pulau merah ini jauh berbeda dengan pantai plengkung dan pantai tabuhan yang memiliki banyak sekali karang-karang tajam, maka di pantai pulau merah ini sama sekali tidak ada jadi sangat aman sekali untuk aktivitas surfing bagi pemula dan juga bagi yang sudah profesional.

Yang membuat pantai pulau merah ini unik adalah ketika pantai sedang dalam kondisi surut ada sebuah celah kecil seukuran tubuh manusia dimana di tempat itu terdapat sebuah habitat lobster. Ada dua jenis lobster yang hidup disini, yaitu lobster pasir dan lobster mutiara. Pada tanggal 7 Juni 2017 lalu ada sekitar 45 ribu anak lobster berhasil disita oleh kepolisian air daerah ketapang, puluah ribu anak lobster tersebut berasal dari pantai pulau merah tersebut.

Pantai Mustika, Tempat wisata yang Tenang Untuk Liburan

Pantai Mustika
Pantai Mustika

Lokasinya tidak jauh dari pantai pulau merah dan wedi ireng, terdapat sebuah pantai bernama pantai mustika banyuwangi yang menawarkan panorama keindahan nan bersih serta tidak begitu ramai oleh wisatawan. Pemandagan di pantai mustika ini benar-benar ‘pantai’ banget sebab banyak pohon kelapa dan kita bisa menikmati es kelapa muda disana. Ketika ombaknya besar, kalian akan melihat ada banyak perahu nelayan yang berlabuh di sebelah barat.

Tidak jauh juga dari pantai mustika ini telah ditemukan sebuah tambang emas yang diberi nama tumpang pitu. Pada awalnya warga setempat menambang emas secara liar akan tetapi karena kandungan emasnya yang begitu melimpah akhirnya banyak penambang dari luar yang juga berdatangan ke tumpang pitu hingga sempat menimbulkan konflik sosial antara sesama penambang. Akhirnya tambang emas ini dikelola oleh pihak swasta hingga sekarang. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...