Fungsi dan Kegunaan UPS, Uninteruptible Power Supply

Fungsi dan Kegunaan UPS, Uninteruptible Power Supply

206
memuat...
UPS
UPS

Harianpost.co.id – UPS merupakan sebuah perangkat elektronik yang secara grasi besar digunakan untuk memberikan suplai listrik ketika pemasok listrik utama sedang tidak berfungsi misalnya ketika listrik sedang padam maka UPS ini akan secara otomatis memberikan cadangan listrik yang telah tersimpan di dalamnya untuk menjalankan perangkat lainnya, biasanya UPS sering digunakan untuk memberikan cadangan listrik pada komputer. Itu adalah garis besar dari Fungsi dan Kegunaan UPS, Uninteruptible Power Supply.

UPS sendiri adalah singkatan dari Uninteruptible Power Supply, yang mana dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak terlebih dahulu fungsi dan kegunaan UPS lebih lengkapnya. Tapi bagi kalian yang belum tahu, silahkan simak ulasanannya di bawah ini:

Fungsi dan Kegunaan UPS :

1. UPS komputer bisa menyediakan cadangan energi listrik saat suplai listrik pada tegangan utama tidak berfungsi.
2. Karena UPS bisa memberikan cadangan listrik saat listrik pada tegangan utama padam, maka kalian bisa menggunakan kesempatan itu untuk menghidupkan genset pengganti listrik utama yang padam tadi.
3. UPS juga bisa kalian gunakan untuk memberikan kesempatan waktu buat kalian segera memback up data plus mengamankan sistem operasi (OS), yaitu caranya dengan melakukan shut down sesuai dengan prosedur.
4. UPS berguna pula dalam hal mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang bisa merusakan komponen di dalam komputer, seperti software, data maupun hardware. Ketika listrik tiba-tiba padam, komputer PC akan langsung ikut padam dan jika itu terjadi berkali-kali, maka bisa membuat komponen komputer rusak, seperti hardisk dan komponen lainnya.
5. Stabilisasi tegangan juga dilakukan oleh UPS jika ada perubahan tegangan pada input sehingga tegangan output menjadi stabil.
6. UPS bisa dintegrasikan dengan jaringan internet.

UPS sendiri sebenatnya ada banyak jenisnya. Dan berikut ini adalah jenis-jenis UPS:

1. UPS Standby

UPS yang satu ini paling sering digunakan untuk pengguna komputer rumahan dengan cara selalu menyandingkan UPS tersebut dengan PC mereka. Sekalipun UPS ini hanya digunakan oleh pengguna rumahan akan tetapi tetap saja memiliki fungsi yang sama seperti UPS lainnya dan bisa sangat diandalkan.

2. UPS Line Interactive

Naik satu tingkat ada UPS Line Interactive yang sering digunakan pada perusahaan yang menjalankan bisnis kecil, pengembangan website serta pengelola server yang bekerja di departemen pemerintahan. Itu disebabkan UPS Line Interactive ini memiliki tingkat reliabilitas tinggi serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan voltase dengan sangat baik sekali.

3. Double Conversation Online

UPS Double Conversation Online ini lebih sering digunakan pada perangkat elektronik yang mempunyai daya 10KVA, dan jika dilihat dari kinerjanya UPS jenis ini jauh lebih baik dari pada jenis UPS yang sudah disebutkan diatas tadi. Bahkan bisa dikatakan bahwa UPS Double Conversation Online tergolong UPS yang sangat ideal sekali.

4. Delta Convesion Online

UPS Delta Conversion Online termasuk jenis UPS yang paling hemat energi dan tersedia dengan daya 5KNA hingga 1.6MW. Dikatakan UPS hemat energi sebab UPS ini bisa bekerja dengan cara meminimalisir evergi yang terbuang. Kelebihan lainnya dari UPS Delta Conversion Online adalah tidak terlalu berlebihan dalam penggunaan kkabel. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...