Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat

Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat

341
memuat...
Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat
Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat

Harianpost.co.id – Kalian yang gemar dengan dunia komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BIOS. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Out System, melihat dari kepanjangannya saja sepertinya kita sudah tahu seberapa penting BIOS bagi komputer. BIOS sendiri pada dasarnya merupakan jenis software yang ditulis dengan bahasa mesin dan dibuat secara khusus guna mengatur fungsi dasar komputer. Namun kali ini yang kita bahas adalah bagaimana Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat.

Namun sebelumnya kita perlu tahu juga apa sih fungsi BIOS itu? Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan segala instruksi dari mulai komputer dihidupkan sampai dimatikan kembali. sedangkan proses tersebut sering disebut dengan POST atauPower of Self Test yang fungsinya adalah untuk menganalisis, assign dan melakukan identifikasi  keberadaan segala perangkat keras yang ada di dalam komputer tanpa terkecuali.

Nah, kalian baru saja kembali mengingat pengetahuan dasar tentang BIOS. Dan sekarang saatnya kita menginjak materi tentang bagaimana Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat plus mudah dan ribet.

Penting bagi kita untuk memperhatikan BIOS, mengapa? Sebab jika suatu saat komputer kalian tiba-tiba mengalami gangguan atau mengalami kerusakan seperti contohnya fail pada saat upgrade BIOS atau mungkin saja BIOS dalam keadaan terkunci dan tidak bisa dibuka, maka perlu kita reset agar BIOS bisa kembali ke kondisi semula.

Ketika BIOS mengalami gangguan biasanya bisa kita kenali gejalanya saat komputer mulai dihidupkan dan masuk proses booting, misalnya ada notifikasi atau peringatan telah terjadi kesalahan hardware not recognize hingga sistem gagal dijalankan. Jika sudah begitu, maka untuk mengatasinya kebanyakan adalah dengan cara melakukan reset BIOS, Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat adalah sebagai berikut: (dikutip dari perangkatkeras.net)

1. Pertama silahkan matikan komputer kalian dan cabut colokan power guna memastikan tidak ada lagi arus yang masuk ke motherboard.

2. Berikutnya tunggu beberapa menit agar arus dalam motherboard benar-benar hilang, untuk mempercepat silahkah tekan tombol power dan tahan beberapa saat (matikan secara paksa).

3. Buka cashing CPU dan carilah pin jumper, bisanya akan ada tulisan CLR CMOS pada bagian motherboard. Kebanyakan Pin jumper biasanya berdekatan dengan posisi baterai CMOS, ada yang menggunakan dua hingga tiga pin. Jika menggunakan jenis button, silahkan tekan button clear untuk melakukan reset.

4. Pada komputer pc sekarang, biasanya terdapat jumper 3 pin. Agar mudah melakukan reset, sediakan obeng kecil dan lakukan short dengan menghubungkan obeng antara satu pin dengan pin lainnya dan sebaliknya. Tujuannya adalah agar program yang tersimpan dalam baterai CMOS tereset ke pengaturan pabrik.

Jika langkah-langkah diatas sudah kalian dengan benar dan rapi, kalian bisa kembali memasang cashing CPU. Cobalah untuk menghidupkan komputer, dan lihat hasilnya. Apabila cara diatas tadi masih belum bisa berhasil maka kalian cobalah untuk melepaskan baterei CMOS selama beberapa menit kemudian pasang kembali ke motherboard.

Seperti itulah Cara Reset Bios Komputer PC Yang Benar dan Tepat, mudah kan? Oke, sekian dulu selamat mencoba dan semoga berhasil. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...